Rabu, 29 Mei, 2024
Ilustrasi Pemilu

Ilustrasi Pemilu. (Net)

AMBON, MENITINI.COM – Dari empat kandidat yang siap bertarung merebut kursi DPR RI ini, salah satunya mantan Bupati SBB dua periode, Yakobus Puttileihalat yang biasanya di sapa Bob. Ia dipinang bertarung dalam bursa kursi anggota DPR RI dari Demokrat. Sementara mantan Ketua DPD Golkar Maluku Said Assagaff, mendorong anaknya juga berada dalam satu partai bersama Bob.

Sebelumnya empat mantan kepala daerah yakni Abdullah Tuasikal, Ramly Umasugi, Andreas Rentanubun, dan Herman Koedoeboen maju sebagai calon anggota DPR RI dari partai berbeda.

Bob, merupakan orang lama di partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu. Mantan calon gubernur Maluku 2013 ini, pernah menjabat Ketua DPD Demokrat Maluku.

BACA JUGA:  Meutya Hafid Ingatkan Standar Pengamanan Pemeliharaan Alutsista

Selain Bob, Demokrat juga mencalonkan Dandi Assagaff sebagai caleg DPR RI daerah pemilihan Maluku bersama dua caleg lainnya, yakni Michael Wattimena dan Nona Sokota. Dandi Assagaff merupakan anak mantan gubernur Maluku, Said Assagaff.

Partai yang pernah ada dipuncak kejayaan dimasa presiden Bambang Yudhoyono itu akan mendaftarkan para jagoannya di KPU pada Jumat,12 Mei 2023 esok . 

“Rencana kita daftar ke KPU pada tanggal 12 Mei, pukul 15.00 WIT. Untuk DPR RI dari Demokrat yaitu, Michael Wattimena, Dandi Assagaff Nona Sokota dan Jacobus F. Putileihalat,” jelas Elwen Roy Pattiasina, Ketua DPD Demokrat Maluku kepada kepada awak media, Rabu (11/5/2023).

Salah satu pengurus DPD Demokrat Maluku yang tidak mau disebutkan namanya mengaku, kehadiran Jacobus F. Putileihalat memberikan angin segar bagi Demokrat. Bob

BACA JUGA:  Anggota DPR RI Ini Minta Kawal Terus Suara Rakyat Hingga Hasil Akhir Ditetapkan KPU

sudah teruji menjabat bupati dua periode.

“Bagaimana pun beliau ini masih punya pendukung fanatik. Dan ini bisa dimanfaatkan oleh pak Jacobus untuk DPR RI. Demokrat tetap optimis menang Pileg,” ujarnya.

Untuk diketahui, sudah lima eks kepala daerah yang maju sebagai calon anggota DPR RI dapil Maluku. Mereka adalah Abdullah Tuasikal dan Andreas Rentanubun yang maju lewat Nasdem, Ramly Umasugi dengan Golkar, Herman Adrian Koedoeboen dikabarkan dengan PDIP, dan Bob Puttileihalat menggunakan perahu Demokrat. (M-009)

  • Editor: Daton