Presiden Jokowi Tiba di Tanah Air Usai Lakukan Kunjungan ke Kawasan Asia Timur

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Jumat dini hari, 29 Juli 2022, setelah melakukan kunjungan kerja ke tiga negara di kawasan Asia Timur yaitu Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang, dan Korea Selatan.
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Jumat dini hari, 29 Juli 2022, setelah melakukan kunjungan kerja ke tiga negara di kawasan Asia Timur yaitu Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang, dan Korea Selatan. (Foto: BPMI Setpres/Lukas)

JAKARTA,MENITINI.COM-Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Indonesia pada Jumat dini hari, (29//07/2022), setelah melakukan kunjungan kerja ke tiga negara di kawasan Asia Timur yaitu Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang, dan Korea Selatan. Presiden Jokowi beserta rombongan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten sekira pukul 02.00 WIB, setelah menempuh penerbangan selama lebih kurang tujuh jam dari Seoul Airbase Seongnam, Korea Selatan.

Dalam keterangannya di Seoul, Korea Selatan, kemarin (28/7), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa pada kunjungan kali ini Indonesia telah berhasil memperkokoh kerja sama ekonomi dengan ketiga negara di kawasan Asia Timur tersebut. Selain itu, menurut Retno, kepercayaan baik pemerintah maupun swasta dari ketiga negara tersebut terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat kuat.

BACA JUGA:  Jelang Fit and Proper Test, Calon Kapolri Minta Restu Purnawirawan Kapolri

“Pendekatan kerja sama yang dibangun Indonesia selalu berdasarkan pada kerja sama yang terbuka, inklusif, dan saling menguntungkan. Kepercayaan pemerintah dan swasta dari tiga negara tersebut terhadap stabilitas politik, pertumbuhan ekonomi di Indonesia sangatlah kuat,” ujar Menlu.

Retno juga mengatakan bahwa Presiden Jokowi mendapatkan apresiasi dari pemimpin ketiga negara tersebut atas kontribusinya bagi perdamaian dan permasalahan global. Meski di tengah situasi dunia yang penuh dengan rivalitas, Indonesia tetap memperkuat kerja sama dengan negara-negara di dunia.

“Di tengah situasi dunia yang dipenuhi rivalitas dan upaya containment, Indonesia justru memperkuat rajutan persahabatan dan kerja sama konkret dengan negara-negara dunia. Upaya ini akan terus dilakukan,” lanjutnya.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi: Bank Dunia Prediksi 60 Negara Akan Ambruk Perekonomiannya

Lebih lanjut, Retno menuturkan, kunjungan ke RRT, Jepang, dan Korea Selatan memperkuat dukungan global untuk presidensi Indonesia di G20 tahun ini. Selain itu, kata Retno, kunjungan ini akan bermanfaat dalam persiapan keketuaan Indonesia di ASEAN tahun depan, mengingat ketiga negara tersebut memiliki posisi strategis dalam hubungan dengan ASEAN.

“Presiden dalam pertemuan-pertemuan mengatakan bahwa Indonesia ingin tetap memperkuat, terus memperkuat ASEAN, menjadikan ASEAN tetap relevan dan matters tidak saja bagi masyarakat ASEAN, namun juga bagi dunia,” kata Retno.