Pelajar di Klungkung Bali Jatuh di Jurang Sedalam 40 Meter

Petugas sedang evakuasi seorang pelajar di Klungkung yang jatuh ke dalam jurang 40 meter, Rabu (20/7/2022).
Petugas sedang evakuasi seorang pelajar di Klungkung yang jatuh ke dalam jurang 40 meter, Rabu (20/7/2022). (M-006)

DENPASAR,MENITINI.COM-Tim SAR gabungan mengevakuasi seorang pelajar yang terjatuh ke jurang sedalam kurang lebih 40 meter di Desa Besang Kawan Semarapura Kaja, Klungkung, Rabu (20/7/2022).

Diketahui identitas korban atas nama Charles (18), warga Jalan Ngurah Rai Semarapura. Kecurigaan warga berawal ketika mendengar teriakan minta tolong, dimana sumber suara berasal dari dasar jurang tersebut.

“Teriakan korban didengar warga sekitar pukul 09.00 dan selanjutnya dilaporkan kepada BPBD setempat,” terang Gede Darmada, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Rabu (20/7/2022). Setibanya di lokasi mereka mencoba menjangkau korban, namun panjang tali tidak bisa mencapai dasar jurang. Basarnas Bali baru menerima laporan dari BPBD Klungkung pada pukul 14.25 Wita untuk melakukan evakuasi.

BACA JUGA:  Polisi Perbatasan Diduga Tembak Mati Seorang Pemuda Setempat

Petugas siaga Basarnas Bali terus berkoordinasi dengan tim BPBD Klungkung yang berada di lokasi kejadian, sementara 12 orang personil segera bergerak dengan dilengkapi peralatan mountaineering. “Keterangan tadi yang kami terima bahwa korban masih bisa berkomunikasi dan diminta agar tetap berada di posisinya,” jelas Darmada. Menurutnya, menjaga kesadaran korban sangatlah penting, jadi harus terus diajak berbicara.

Tim dari Basarnas Bali tiba pukul 15.40 Wita dan selanjutnya mempersiapkan peralatan. Dua orang personil diturunkan di titik korban berada. Tak membutuhkan waktu lama dan akhirnya korban berhasil dievakuasi ke atas dalam keadaan selamat namun mengalami lecet-lecet dan dislokasi. “Kondisi jurangnya tadi banyak ditumbuhi tanaman-tanaman liar, karena rimbun sehingga minim cahaya,” jelasnya. Sampai di dasar jurang, korban berontak dan melawan, akhirnya tim kembali turun bersama guru pendamping. Pukul 16.50 Wita tim SAR gabungan berhasil membujuk dan mengevakuasi korban selanjutnya korban dibawa menuju RSUD Kabupaten Klungkung dengan menggunakan Ambulance PSC KRiS Klungkung.

BACA JUGA:  Puncak KTT G20 Makin Dekat, Kapolda Bali Ingatkan, Jangan Lengah dan Tak Remehkan Pengamanan

Unsur SAR Gabungan yang terlibat diantaranya Tim Rescue Kantor  Pencarian dan Pertolongan Denpasar dengan 12 orang personel, Polres Klungkung dengan 17 orang personel, Polsek Semarapura dengan 15 orang personel, Babinsa Desa Besang Kawan Semarapura Kaja dengan 1 orang personel, BPBD Kab Klungkung dengan 25 orang personel, Tim Medis PSC KRiS Klungkung dengan 2 orang personel, Guru SMAN 2 Semarapura dan masyarakat setempat. (M-006)