Senin, 24 Juni, 2024

Tiga Penjabat Daerah di Lantik Pejabat Gubernur Maluku, Sadali Ie. (Foto: M-009)

AMBON, MENITINI.COM – Penjabat Gubernur Maluku, Ir. Sadali Ie, M.Si., IPU resmi melantik Pj. Walikota Ambon, Pj Bupati Seram Bagian Barat (SBB) dan Pj Bupati Buru, di Gedung Islamic Center, Jumat (24/5/2024).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, B.A., M.A., Ph.D, menunjuk Kepala Biro pemerintahan Setda Maluku, Dominggus Kaya, S. Sos., M.Si sebagai Pj Walikota, menggantikan Bodewin Wattimena, yang telah memimpin Kota Ambon selama dua tahun berturut-turut.

Sementara untuk Kabupaten SBB, Brigjen TNI Andi Chandra As’aduddin yang memimpin sejak 2022 hingga 2024, digantikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Maluku, Jais Ely, S.T., M.Si sebagai Pj Bupati.

Begitu juga Pj Bupati Buru, Djalaludin Salampessy, ia diganti oleh Kepala BPBD Provinsi Maluku Syarif Hidayat, S.E., M.Si.

BACA JUGA:  Dua Kasus Dugaan Korupsi Seret Nama Penjabat Gubernur Maluku 

Penjabat Gubernur Maluku, Sadali Ie, dalam sambutannya mengatakan, tugas prioritas seorang Penjabat Kepala Daerah sebagaimana yang disebutkan dalam keputusan Mendagri, adalah memfasilitasi dan mensukseskan agenda nasional Pilkada Serentak 27 November 2024.

“Diantaranya, memastikan ketersediaan alokasi dana sesuai NPHD yang disepakati. Kemudian Pj juga bertanggungjawab menjaga netralitas ASN dilingkup Pemda masing-masing,” kata Sadali Ie.

“Kepada para aparatur sipil negara, saya perintahkan untuk mendukung penuh para Penjabat yang baru dilantik, baik itu Pj Walikota Ambon, Pj Bupati Buru, maupun Pj Bupati SBB,”ujarnya.

Kepada ketiga Pj, Sadali mengatakan agar ke depan dalam menjalankan tugas bisa dilakukan dengan sungguh-sungguh, berkomitmen, transparan dan akuntabel.

“Karena sebagai penjabat, sudara wajib melaporkan kinerja masing-masing setiap tiga bulan sekali kepala Mendagri maupun kepada Gubernur,” sebutnya.

BACA JUGA:  Dua Kasus Dugaan Korupsi Seret Nama Penjabat Gubernur Maluku 

Para Pj juga harus segera melakukan koordinasi internal jajaran birokrasi, kemudian Forkopimda, DPRD, Instansi Vertikal, TNI-Polri, Tokoh Agama, dan masyarakat lainnya.

“Para Pj juga harus menjalankan arahan Presiden RI, tentang pengendalian inflasi, penurunan Stunting, penurunan angka Kemisikinan,” terangnya. 

Lebih lanjut, Pj Gubernur Maluku juga mengucapkan terimakasih kepada Andi Chandra, Bodewin Wattimena, serta Djalaludin, atas dedikasinya selama menjadi Penjabat dua tahun terakhir.

Dari pantauan wartawan di Gedung Islamic Center, acara pelantikan dihadiri oleh para mantan Penjabat seperti Bodewin Wattimena, Andi Chandra, dan Djalaludin Salampessy.

Selain itu, para Forkopimda Maluku, Forkopimda SBB, Kota Ambon, dan Buru serta para anggota DPRD kemudian pimpinan OPD dari tiga Pemda dimaksud juga terlihat menghadiri acara pelantikan tersebut. (M-009)

  • Editor: Daton
BACA JUGA:  Dua Kasus Dugaan Korupsi Seret Nama Penjabat Gubernur Maluku