Rabu, 29 Mei, 2024

Paus Fransiskus. (Foto: Net)

JAKARTA,MENITINI.COM-Pada Minggu (22/10/2023) Paus Fransiskus meminta agar konflik militer Israel-Hamas secepatnya dihentikan karena merusak nilai-nilai persaudaraan.

“Perang selalu merupakan kekalahan, itu adalah kehancuran persaudaraan manusia. Saudara-saudara, hentikan! Berhenti!” ujar Paus usai doa Angelus di Lapangan Santo Petrus Roma.

Menurut paus, perang di Jalur Gaza harus segera dihentikan agar lebih banyak bantuan kemanusiaan yang bisa masuk ke sana. “Saya memperbarui seruan saya agar ruang dibuka, bantuan kemanusiaan terus berdatangan, dan pembebasan sandera,” Paus.

Sebelumnya, pada 7 Oktober 2023, Militan Hamas menyerbu Israel dari Jalur Gaza yang menewaskan sedikitnya 1.400 warga di sana. Tak lama berselang, Israel pun melakukan serangan balasan dan mendeklarasikan perang yang mengakibatkan tewasnya 4.300 warga Palestina.

BACA JUGA:  Dewan Keamanan PBB Bakal Gelar Voting soal Keanggotaan Penuh Palestina

Krisis kemanusiaan di Gaza semakin meningkat sejak Israel memperlakukan blokade dengan memutus pasokan air, makanan hingga listrik.

Meski bantuan pertama ke Gaza berhasil dikirimkan pada Sabtu (21/10), tetapi menurut PBB 20 truk yang mengangkut paket bantuan itu tidak akan cukup mengingat populasi terdampak di sana mencapai 2,4 juta orang. (M-003)

  • Editor: Daton