Bupati Klungkung Meresmikan TPS3R Negari Asri

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memotong saat meresmikan TPS3R Negari Asri bertempat di Banjar Sarimertha, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Kamis (15/12/2022). (Foto: ist)
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memotong saat meresmikan TPS3R Negari Asri bertempat di Banjar Sarimertha, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Kamis (15/12/2022).

SEMARAPURA,MENITINI.COM- Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meresmikan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) Negari Asri bertempat di Banjar Sarimertha, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan pada Kamis (15/12/2022).

“Masyarakat Desa Negari harus membiasakan diri untuk memilah sampah sesuai jenisnya dan bijak dalam menggunakan tas (kresek) sekali pakai,” ungkapnya didampingi Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Pemukiman Provinsi Bali Sunarjito, Camat Banjarangkan Dewa Komang Aswin, Perbekel Desa Negari IGN Bagus Mahendra, dan Ketua Pokdarwis Tegalsari Negari IGN Murthana, Forkopimda, Ibu-ibu PKK dan lainnya.

Lebih lanjut, Bupati Suwirta berpesan kepada perangkat Desa Adat dan perangkat Desa Dinas agar dapat bekerja sama dengan baik dalam mengoperasikan TPS3R dan mulai menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai cara pemilahan sampah dari rumah tangga kepada masyarakat.

BACA JUGA:  Tumbuhkan Kebersamaan Menuju Karakter Luhur, SDN 2 Semarapura Kangin Gandeng BWC

Dalam rangka mempermudah proses pemilahan sampah, Bupati Suwirta mengingatkan agar jadwal pembuangan sampah disamakan dengan yang sudah diterapkan di Kota Semarapura dan residu jangan sampai banyak, serta pegawai yang bekerja di TPS3R harus memiliki jiwa mencintai sampah.

“Tidak ada yang merasa lebih tinggi, atau merasa lebih rendah, kita semua sama, hanya dibedakan dengan tupoksi yang diamanatkan,” tandas Bupati Suwirta

Dalam sambutannya, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bali yang dibacakan oleh Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Pemukiman Provinsi Bali Sunarjito, menyampaikan bahwa BPPW mengapresiasi kerja keras dari Pemkab dan KSM serta instansi terkait dalam menyukseskan pembangunan TP3R Negari Asri. Pembangunan TPS3R memang menjadi salah satu program penanganan sampah yang menekankan pada pengurangan sampah.

BACA JUGA:  Ketua APSI Sebut Perputaran Uang dari Sampah di Bali Raup Miliaran Rupiah  per Hari

“Dan kunci sukses ke depannya terletak pada operasional penanganan sampah. Jangan sampai bangunan ini tidak dirawat, manfaatkan dan pelihara bangunan yang sudah diberikan dengan baik dan kombinasikan dengan inovasi yang ada di desa,” harap Sunarjito.

Di tempat yang sama Perbekel Desa Negari Bagus Mahendra menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Provinsi Bali dan Pemkab Klungkung, yang sudah memberikan fasilitas pembangunan TPS3R di Desa Negari.

“Dengan adanya TPS3R ini warga Desa Negari tidak lagi menghadapi permasalahan sampah yang mengakibatkan kerusakan lingkungan dan kekotoran wilayah,” jelasnya.

Ia juga mengajak semua komponen dan semua pihak terutama ibu-ibu PKK dan kader desa sebagai ujung tombak dalam penanganan sampah berbasis sumber dari hulu yakni dari rumah tangga, yang dapat menentukan berhasil atau tidaknya proses pemilahan dari rumah sampai pengiriman ke TPS3R ini.

BACA JUGA:  Ke Nusa Penida, Sandiaga Kembangkan Potensi Wisata

“Untuk itu mulai saat ini seluruh komponen yang ada di Desa Negari ini mari bersama-sama tingkatkan kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan pemilahan sampah dan jangan buang sampah sembarangan,” pinta Bagus Mahendra.

Ke depannya dirinya masih memiliki satu program yang akan digenjot dalam pemulihan ekonomi desa melalui kreativitas dan inovasi komponen-komponen yang ada.

“TPS3R sudah diresmikan dan sudah bisa dimanfaatkan. Kedepannya atas dukungan seluruh komponen dan Pemkab Klungkung akan digalakkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berbasis ekonomi pedesaan,” tutup Bagus Mahendra. (M-011)