Anda Berusia 40 Tahun ke Atas? Ini Olahraga yang Aman untuk Anda

Ilustrasi olahraga lari
Ilustrasi olahraga lari. (MENITINI/Leandro Boogalu-Pexels)

DENPASAR, MENITINI.COM – Menjaga kebugaran tubuh sangat disarankan dengan berolahraga secara teratur. Meskipun sangat baik dilakukan, tetap harus memperhatikan berbagai macam hal sehingga membawa kesehatan dan juga kebugaran bagi tubuh kita, apalagi jika kita memasuki usia 40 tahun ke atas.

Kita hendaknya  melakukan olahraga ringan, menjadwalkan waktu untuk  berolahraga sekitar 30 menit sehingga kita sehat dan bugar, juga terhindar dari berbagai penyakit yang mengintai.

Berat badan meningkat, pengelihatan menurun, resiko terkena penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi ataupun kanker menjadi beberapa masalah yang timbul apabila kurang berolahraga. Oleh karena itu tetaplah beraktivitas dan juga berolahraga setiap hari meski anda telah berusia 40  tahun, berikut beberapa olahraga yang aman untuk anda yang berusia 40 tahun ke atas :

Berjalan kaki

Berjalan kaki minimal 8.000 langkah per hari dapat berpotensi memperpanjang umur seseorang. Sebuah penelitian yang diujikan kepada orang-orang berusia 40 tahun ke atas membuktikan bahwa sering berjalan kaki juga dapat meningkatkan fungsi organ, relaksasi pikiran kita, mencegah penyakit seperti diabetes serta hipertensi, serta menambah kekuatan otot kaki, karena dengan berjalan kaki otot jantung akan terbiasa untuk terlatih secara ritmis dan konsisten.

BACA JUGA:  Positif Covid-19 di Bali Meningkat, Dewa Indra : Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Jogging atau lari kecil

Usia 40 tahun ke atas untuk meminimalisir resiko yang terjadi dapat melakukan lari kecil dan dengan tenaga yang ringan dan santai, dapat meningkatkan detak jantung yang tidak terlalu berat sehingga otot jantung terlatih dengan baik dan aliran darah semakin lancar, stamina meningkat dan kualitas pernapasan membaik.

Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang menggerakan seluruh otot dan tubuh akan terlatih untuk bergerak. Terutama usia 40 tahun keatas yang sering memiliki keluhan nyeri di punggung bawah bagian belakang, tidur pun lebih baik dan berkualitas, tetapi dengan pola renang yang santai dan tidak mngeluarkan tenaga yang berat sehingga otot jantung terlatih lebih baik.

Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang sangat bermanaat untuk menurunkan berat badan dan cukup aman dilakukan pada usia 40 tahun ke atas, rekreatif, pikiran sehat dan tenang serta persendian dan otot-otot bergerak secara ritmik dan dapat menghirup udara bebas dengan sehat, menghindari stres dan menurunkan resiko terkenanya kanker

BACA JUGA:  Wouwww Terungkap, Ini Tarif Sederet Artis Diduga Terseret Prostitusi Online

Zumba

Melakukan zumba juga dapat menjaga berat badan karena gerakannya yang energik atau penuh semangat, menjaga tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung. Tetapi yang perlu diingat apabila melakukan zumba di saat awal dan merasa kelelahan harus segera istirahat serta mulailah dengan gerakan yang ringan dan tempo sedang.

Yoga

Yoga juga sangat baik untuk mengatur suasana hati, mengobati  gangguan cemas dan depresi, melatih otot punggung sehingga menyembuhkan nyeri punggung, membakar lemak dalam tubuh, serta meningkatkan kebugaran tubuh. Yoga dapat dilakukan di rumah, kantor atau tempat lain dengan gerakan yang dapat disesuaikan dengan lokasi yang digunakan sehingga sangat efektif dalam meningkatkan kebugaran dan ketenangan jiwa.

Manakah olahraga pilihan anda? (M-004)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*