Minggu, 26 Mei, 2024

Petugas sedang melakukan pendinginan api di TPA Mandung Tabanan. (Foto: Istimewa)

DENPASAR, MENITINI.COM-Barusan selesai melakukan pemadaman dan pendinginan terhadap TPA Suwung yang terbakar pekan lalu, kini giliran TPA Mandung di Tabanan Bali yang terbakar. Kebakaran TPA Mandung di Tabanan justeru lebih hebat karena upaya pemadaman sudah dilakukan selama tiga hari berturut-turut namun api belum juga bisa dijinakkan.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Bali Made Rentin saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian kebakaran di TPA Mandung yang sudah tiga hari belum bisa dipadamkan. “Kebakaran TPA Mandung memang bisa dikendalikan. Api tidak meluas. Namun pemadamannya membutuhkan waktu yang lama karena keterbatasan peralatan dan sebagainya,” ujarnya Minggu (12/5/2024).

Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan BPBD Tabanan tentang kendalanya dimana, apa yang bisa dilakukan baik oleh provinsi maupun oleh kabupaten serta stakeholder terkait lainnya.

BACA JUGA:  Enam Rumah Dilalap Api, 1 Orang Terluka Akibat Ledakan Tabung Gas

Informasi terakhir, api sudah bisa dikendalikan, sumber asap masih bermunculan di beberapa titik. Petugas terus berjibaku melakukan pemadaman dengan semua armada yang sudah dikerahkan ke lokasi. Saat ini petugas sedang melakukan pendinginan di areal yang sudah bisa dipadamkan. Sebab bila tidak dilakukan pendinginan, api bisa kembali muncul karena cuaca yang panas.

Sepertinya biasa, pendinginan dilakukan secara manual, dimana beberapa alat berat digunakan untuk mengangkat material tempat sumber asap masih bermunculan. Setelah material diangkat, petugas lainnya menyirami lokasi tersebut hingga asapnya hilang. Lokasi bisa berubah-ubah sesuai dengan sumber asap. 

Awalnya, api terdeteksi muncul pada Kamis malam (09/05) pukul 19.00 Wita. Kemudian api terus membesar dan meluas di TPA yang berlokasi di Kecamatan Kerambitan tersebut.  Sejam kemudian Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabanan, Pemadam Kebakaran Kabupaten Tabanan, BPBD Kabupaten Tabanan, Staf Kantor Camat Kerambitan dan Staf TPA Mandung terus bergerak melakukan pemadaman dan langsung aktif melakukan pendinginan. Hingga Sabtu siang (11/5/2024) api berhasil dijinakkan.  Upaya pendinginan terus berlangsung hingga saat ini di wilayah TPA. Dilaporkan tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian ini. 

BACA JUGA:  Empat Ruko di Malteng Dilalap Api, Diduga Korsleting listrik

BPBD Provinsi Bali sejak Jumat, (10/5/2024) sudah mendistribusikan logistik dan kendaraan penanggulangan bencana berupa masker kain sebanyak 25 ribu buah dan kendaraan tangki air sebanyak 1 unit. Logistik dan kendaraan ini diterima oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Kabid KL) beserta Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Tabanan. Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan percepatan penanganan kebakaran di TPA Mandung. (M-007)

  • Editor: Daton

TERKAIT