Sambut Presiden Baru Sri Lanka, China Banggakan Hubungan Dua Tetangga

Ranil Wickremesinghe
Ranil Wickremesinghe. (foto: net)

MENITINI.COM-Terpilihnya Ranil Wickremesinghe sebagai presiden baru Sri Lanka disambut Presiden China Xi Jinping.

Mengutip Kantor Berita Politik RMOL.ID, dalam ucapan selamatnya, Xi yakin di bawah kepemimpinan Presiden Wickremesinghe, Sri Lanka pasti mampu mengatasi kesulitan dan mendorong proses pemulihan ekonomi dan sosial.

Xi juga membanggakan kedekatan hubungan kedua negara, merujuk pada hubungan diplomatik yang telah berlangsung selama puluhan tahun.


“Sejak menjalin hubungan diplomatik 65 tahun yang lalu, kedua negara selalu mempromosikan pengembangan hubungan bilateral atas dasar saling menghormati, kesetaraan dan saling menguntungkan. Keduanya juga memberi contoh interaksi persahabatan dan kerjasama yang saling menguntungkan antara negara-negara besar dan kecil,” kata Xi, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (22/7).

Sejak awal pandemi Covid-19, China dan Sri Lanka telah berdiri bersama dan saling membantu.

Xi mengatakan ia sangat mementingkan pengembangan hubungan China-Sri Lanka dan ingin memberikan dukungan dan bantuan untuk Presiden Wickremesinghe dan rakyat Sri Lanka.

Harapan Xi bahwa hubungan kedua belah pihak akan terus berlanjut dengan baik dalam persahabatan tradisional. Saling mendorong kemitraan kerja sama strategis yang tulus dan abadi.

Sri Lanka sedang bergulat dengan krisis ekonomi terburuk dalam beberapa dekade yang akhirnya memaksa  Presiden sebelumnya, Gotabaya Rajapaksa, untuk mundur.

BACA JUGA:  Gempuran Gelombang Kelima Covid-19 Membuat Hongkong Kewalahan

Sri Lanka berutang sekitar 5 miliar dolar AS ke China meskipun beberapa perkiraan menyebutkannya hampir dua kali lipat dari jumlah itu.

Sumber: RMOL.ID