Presidensi G20 Momentum Emas Hubungan Diplomatik Indonesia Inggris

Owen Jekins
Owen Jekins. Foto: ist)

BADUNG,MENITINI.COM-Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jekins menilai KTT G-20 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali 15 dan 16 November sebagai momen keemasan hubungan kedua negara. “Saya merasa sangat beruntung bisa berada di Indonesia. Saat ini merupakan masa keemasan hubungan baik kedua negara” kata Owen dalam sesi wawancara di Bali, (16/11/22).

Apalagi, kata Owen, hubungan kedua negara selama ini sangat baik dengan adanya berbagai kerja sama dalam beberapa bagian . “Saya rasa hubungan kedua negara dalam kondisi sangat baik. Saya rasa baik Indonesia maupun Inggris, melihat potensi yang begitu besar bagi kedua negara untuk bekerja sama dalam berbagai sektor, “katanya.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Lantik Dewan Pengarah, Kepala, dan Wakil Kepala BPIP

Owen menegaskan, pihaknya sudah bersepakat mengikuti perjanjian kerja sama yang dibuat pada April lalu yang meliputi semua sektor, mulai dari penanaman modal, perdagangan, mengurangi perubahan iklim dan kerja sama di bidang energi dan beberapa kerja sama lain di bidang pertahanan, keamanan hingga pendidikan dan kebudayaan.

Sementara terkait tema Presidensi G20 Indonesia yakni “Pulih Bersama Pulih Lebih kuat”, Owen melihat telah mewakili keprihatinan seluruh negara pasca pandemi covid yang menghantam berbagak negara baik ekonomi, pendidikan negara di dunia dalam banyak aspek dan kebudayaan. “Tentu saja saya rasa, tema pulih bersama lebih kuat merupakan jargon sekaligus tema yang dibutuhkan dunia saat ini. Dan saya rasa ketika Indonesia menetapkan jargon tersebut lengkap dengan tiga isu prioritas transaksi energi, transformasi digital dan penguatan infrastruktur Kesehatan global. Ini sangat tepat karena kita baru saja pulih dari pandemi”, kata Owen.

BACA JUGA:  Kabasarnas Berlayar Hingga Depan Main Venue KTT G-20