Pasca Bom Bunuh Diri di Bandung, Polda Bali Minta Jajarannya Tingkatkan Kewaspadaan

Petugas memasang garis polisi di sekitar TKP bom bunuh diri di Mapolsek Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat pada Rabu (7/12/2022).
Petugas memasang garis polisi di sekitar TKP bom bunuh diri di Mapolsek Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat pada Rabu (7/12/2022). (Foto: ayobandung.com/Rahmat Kurniawan)

DENPASAR,MENITINI.COM-Pasca peristiwa bom bunuh diri di Markas Polsek Astanaanyar, Bandung Jawa Barat, Polisi Daerah (Polda) Bali meminta kepada jajarannya unatuk selalu waspada mengantisipasi aksi teror susulan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Kabid Humas Polda Bali Kombespol Stefanus Satake Bayu Setianto yang dikonfirmasi awak media, Rabu (7/12/2022) mengatakan ledakan bom bunuh diri di Bandung menjadi warning bagi jajaran Polri khususnya Polda Bali untuk meningkatkan kewaspadaan, terlebih jika adanya masyarakat yang masuk dan membawa barang agar segera diperiksa untuk antisipasi. “Kami berharap kejadian seperti itu jangan sampai terjadi di Bali,” katanya.

Menjelang Nataru, Polda Bali dan jajaran akan melaksanakan Operasi Lilin Agung pada 23 Desember 2022 sampai 3 Januari 2023. Operasi tersebut melibatkan 1891 personil. “Polda Bali juga akan memberikan penebalan Personil sebanyak 400 orang,” bebernya.

BACA JUGA:  Ratusan Mobil Listrik Dibongkar di Pelabuhan Benoa Bali

Kombespol Stefanus menegaskan sejumlah pintu masuk Bali seperti bandara, pelabuhan dan terminal mendapat atensi khusus. Setiap Polres harus mempersiapkan dan menyiagakan personilnya untuk berjaga.

“Gereja-gereja ataupun tempat menggelar event di Bali akan disterilisasi oleh tim penjinak bom. Masyarakat yang datang pun diperiksa menggunakan X-Ray, maupun secara manual terhadap tas yang dibawa,” tegasnya.

Pengamanan ketat ini juga dilakukan dalam event 6th Senior Officials Meeting (SOM), 4th Ministerial Meeting (MM), Bali Civil Society and Media Forum (BCSMF), Indonesia pacific Forum For Development (IPFD), Internasional Conference on Afghan Womens Educations (ICAWE) serta 15th Bali Democracy Forum (BDF) di Nusa Dua, pada Rabu (7/12).

BACA JUGA:  Sambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI ke-77, Polsek Abiansemal Mengikuti Napak Tilas

Petugas Unit Penjinak Bom Brimob Polda Bali melaksanakan sterilisasi di areal Hotel yang ditempati HoD dan Delegasi Luar Negeri, serta tempat berlangsungnya kegiatan.

“Personil menggunakan peralatan yang seperti hand mirror, hand metal detector, RIIDEye X dan juga tiga ekor satwa, untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan sekaligus menjamin keamanan para tamu dan kelancaran acara,” tandasnya. (M-011)