Nvidia Perkenalkan Chip Baru Bernama Blackwell, Diklaim Lebih Cepat dalam Penanganan AI

JAKARTA,MENITINI.COM-Produsen perangkat lunak terkemuka di dunia, Nvidia mengumumkan chip terbarunya bernama Blackwell. Chip ini dibuat bertujuan untuk memperluas dominasi perusahaan dalam komputasi kecerdasan buatan.

Blackwell yang dipamerkan Chief Executive Officer Nvidia Jensen Huang di San Jose, California, pada Senin (18/3/2024) diklaim beberapa kali lebih cepat dalam menangani model yang mendukung AI.

Huang mengatakan AI adalah kekuatan pendorong perubahan mendasar dalam perekonomian dan chip Blackwell adalah mesin yang menggerakkan revolusi industri baru ini.

“Nvidia bekerja sama dengan perusahaan paling dinamis di dunia, kami akan mewujudkan janji AI untuk setiap industri,” kata Huang, seperti dikutip dari Fortune, Rabu (20/3/2024).

Chip Blackwell, yang terdiri dari 208 miliar transistor, akan menjadi basis komputer baru dan produk lain yang digunakan oleh operator pusat data terbesar di dunia, termasuk Amazon, Microsoft, dan Alphabet.

BACA JUGA:  Rayakan Tahun Baru Imlek, Xbox Keluarkan Penawaran Ekslusif PC Game Pass Rp. 14,999, Ini Waktunya

Nvidia mengatakan Blackwell akan membantu mendorong transisi lebih dari pekerjaan AI yang relatif sederhana, seperti mengenali ucapan atau membuat gambar.

Ini kemungkinan akan membantu pengguna menghasilkan video tiga dimensi hanya dengan mengeluarkan perintah suara.

Blackwell, diambil dari nama David Blackwell, sarjana kulit hitam pertama yang dilantik ke National Academy of Science, memiliki kemampuan yang sulit untuk ditandingi.

Pendahulunya, Hopper, memicu penjualan yang luar biasa di Nvidia dengan mengembangkan bidang chip akselerator AI. Produk unggulan dari jajaran tersebut, H100, telah menjadi salah satu komoditas paling berharga di dunia teknologi dan menghasilkan puluhan ribu dolar per keping.

Pertumbuhan tersebut membuat valuasi Nvidia juga melonjak, menjadikannya pembuat chip pertama yang memiliki kapitalisasi pasar lebih dari 2 triliun dolar AS dan hanya tertinggal dari Microsoft dan Apple.

BACA JUGA:  Caster Pro: Samsung Galaxy S24 Ultra OP Banget buat Gamer!

Nvidia tidak membahas harga prosesor baru tersebut, tetapi chip di lini Hopper diperkirakan berharga 30.000 dolar AS hingga 40.000 dolar AS, beberapa pengecer bahkan menawarkannya dengan harga beberapa kali lipat dari harga tersebut.

Huang mengatakan kepada CNBC pada Selasa bahwa chip Blackwell akan berada dalam kisaran yang sama.

Perusahaan yang berbasis di Santa Clara, California ini mulai menjual kartu grafis yang menjadi populer di kalangan gamer komputer.

Unit pemrosesan grafis atau GPU Nvidia pada akhirnya terbukti berhasil di bidang lain karena kemampuannya membagi perhitungan menjadi banyak tugas yang lebih sederhana dan menanganinya secara paralel.
Teknologi tersebut kini beralih ke tugas-tugas multi-tahap yang lebih kompleks, berdasarkan kumpulan data yang terus berkembang.

  • Editor: Daton