Hari ini, Presiden Jokowi akan Melantik Menpora Baru

JAKARTA,MENITINI.COM-Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pengganti Zainudin Amali pada hari ini, Senin (3/4/2023).

Melansir CNNIndoensia.com, salah seorang sumber di pemerintahan mengatakan pelantikan dilakukan di Istana Kepresidenan Jakarta sekitar pukul 16.00 WIB. “Iya, jam 16.00 WIB,” kata sumber seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

Namun belum diketahui pasti siapa pengganti Zainudin Amali yang ditunjuk oleh Presiden Jokowi . Tiga nama kader Golkar masuk bursa Menpora.

Ketiganya adalah anggota Komisi XI DPR RI dari Partai Golkar Puteri Komarudin, Ketua Umum Pimpinan Pusat Angkatan Muda Partai Golkar (PP AMPG) Ilham Permana, dan Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Dito Aritedjo.

BACA JUGA:  Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor Diresmikan

Posisi Menpora kosong setelah Zainudin Amali mengundurkan diri. Amali memilih fokus menjabat Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Saat ini Menko PMK Muhadjir Effendy menjabat sebagai Plt Menpora hingga Jokowi melantik menteri baru.

Selain Menpora, Jokowi juga akan melantik Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) baru untuk menggantikan Boy Rafli Amar yang segera pensiun. Polri juga sudah memindahkan Boy ke posisi pati Densus 88 menjelang akhir masa bakti.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah merekomendasikan Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kepala BNPT yang baru menggantikan Komjen Boy Rafli Amar.

“Tadi Bapak Kapolri menyampaikan pesan, selain serah terima jabatan itu ada 3 pati polri yang akan melaksanakan tugas di luar struktur, yang pertama Pak Rycko.Pak Rycko akan duduk di jabatan Kepala Badan Nasional Penanganan Terorisme. Nanti akan dilantik Bapak Presiden,” kata As SDM Kapolri Irjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (30/3). (M-003)

  • Editor: Daton