Gunung Sakurajima Jepang Meletus

Gunung Sakurajima di Jepang meletus pada Minggu, 24 Juli 2022
Gunung Sakurajima di Jepang meletus pada Minggu, 24 Juli 2022. (foto: net)

MENITINI.COM-Gunung berapi Sakurajima di pulau Kyushu, Jepang meletus, memuntahkan abu dan bebatuan hingga sejauh 3 kilometer. Gunung yang terletak di Prefektur Kagoshima, itu meletus pada Minggu (24/7) pukul 20.05 malam waktu setempat.

Belum ada laporan kerusakan atau korban akibat dari letusan, tetapi penduduk diminta untuk mengungsi.


Rekaman di televisi publik NHK Jepang menunjukkan lahar panas di dekat kawah dan asap gelap dari abu mengepul dari puncak gunung.

“Kami akan mengutamakan keselamatan warga dan melakukan yang terbaik untuk menilai situasi dan menanggapi keadaan darurat apa pun,” kata Wakil Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihiko Isozaki kepada wartawan, seperti dikutip NZ Herald.

Isozaki meminta warga di daerah sekitar untuk memperhatikan informasi terbaru dan melindungi diri.

Badan Meteorologi Jepang mengatakan telah meningkatkan peringatan letusan ke tingkat tertinggi, yaitu level lima. Sekitar 120 penduduk di dua kota yang menghadap gunung berapi disarankan untuk meninggalkan rumah mereka.

BACA JUGA:  Mengenang 30 Tahun Ketika Tank Menggilas Ratusan Siswa Pejuang Reformasi di Lapangan Tianamen

Badan memperingatkan batuan vulkanik bisa terlempar hingga jarak 3 km dari kawah dan kemungkinan aliran lava, abu, dan gas yang membakar dalam jarak 2 km.

Gunung Sakurajima berada sekitar 1.000 km dari barat daya Tokyo. Ini menjadi salah satu gunung berapi paling aktif di Jepang dan telah berulang kali meletus. 

Sumber: RMOL.ID