Dilahap si Jago Merah, Rumah di Kota Ambon Hangus Terbakar Saat di Tinggal Pemilik

Satu buah rumah milik Berty Dias, di lahap sijago merah. (M-009)

AMBON, MENITINI -Kebakaran rumah warga kembali terjadi di Kota Ambon. Rumah milik Berty Dias, yang ditinggal kosong di kawasan Kelurahan Benteng, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, hangus terbakar sijago merah, Rabu (18/5/2022). 

Diduga penyebab rumah kosong itu terbakar karena arus pendek atau kosleting listrik. Rumah yang ditinggal pemiliknya yang saat ini bermukim di Jakarta, dilaporkan terbakar sekira pukul 01.05 WIT di Jln Dr. Malaihollo, Benteng RT 001/RW 05.

“Telah terjadi peristiwa terbakarnya satu buah rumah kosong milik keluarga bapak Berty Dias (sementara berada di Jakarta),”kata Kasi Humas Polresta Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Ipda Moyo Utomo, Rabu (18/5/2022).

Menurut keterangan, saksi Murty, awalnya  sekira  pukul 01.05 WIT, saksi yang sementara berdiri di depan warung Ayam lalapan miliknya,  yang  berada kurang lebih berjarak 20 meter dari rumah Berty Dias. “Saksi melihat adanya kobaran api kecil dan percikan api yang keluar  dari atap zengk rumah milik keluarga Berty Das,”kata Moyo.

BACA JUGA:  Upacara Serah Terima Jabatan Oleh Kapolresta Pulau Ambon

Saksi langsung mendekati rumah tersebut dan langsung memanggil warga sekitar untuk memberitahukan kejadian tersebut. Saksi lainya, Milto Erwawan,  menjelaskan bahwa awalnya saksi yang sementara berjualan tiba – tiba saksi mencium bau asap kabel listrik yang terbakar, sehingga saksi langsung bergegas mencari sumber bau asap tersebut.  Saksi langsung berjalan menuju depan warung lalapan milik  Murty.

“Setelah saksi tiba di depan warung lalapan milik  Murty, saksi melihat kearah rumah milik  Berty Dias yang mana saksi melihat sudah ada kobaran api tepat di atas atap zengk bagian tengah rumah  Berty Dias,” jelasnya.

Melihat kejadian tersebut, saksi langsung berlari kearah pangkalan ojek depan Pos Benteng dan memberitahukan kejadian tersebut kepada para pemuda di pangkalan ojek tersebut. “Kemudian salah seorang pemuda yang berada di pangkalan ojek tersebut langsung melaporkan kejadian terabut kepada anggota piket Pos Benteng Polsek Nusaniwe,”terangnya.
Mendapati laporan tersebut, anggota pos Benteng Polsek Nusaniwe langsung menghubungi pihak pemadam kebakaran. “Sekira pukul 01. 11 WIT, personil Polsek Nusaniwe Polresta P. Ambon beserta 4 unit mobil pemadam kebakaran Kota Ambon, tiba di TKP dan langsung bersama sama memadamkan kobaran api di bantu warga sekitar,” jelasnya.

BACA JUGA:  Analisis BMKG : Kemungkinan Gempa Susulan di Majene, Hindari Gedung Bertingkat

Sekira pukul  02. 00 WIT, kobaran api berhasil di padamkan oleh petugas Damkar Kota Ambon. Akibat dari kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun terdapat Kerugian materil lain, satu buah rumah milik Berty Dias hangus terbakar.”Penyebab kebakaran di duga akibat Hubungan Arus Pendek/kosleting arus listrik yang terjadi di bagian plafon rumah,” tandasnya.(M-009)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*