Pulau Solor Misi Penyebaran Agama di Flotim

BADU, MENITINI.COM – Solor memiliki catatan sejarah terkait misi penyebaran agama di Kabupaten Flores Timur (Flotim). Pulau Solor terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, di  timur Pulau Flores.

Solor memang terkenal dengan sejarah gereja, tokoh agama dan alim ulama yang  tersebar di setiap wilayah,  terlebih sejarah penyebaran agama dan masa penjajahan.

Selain dengan sejarah tersebut ada lembaga pendidikan Islam di Pulau Solor  terutama keberadaan MTs.N Lohayong, MAS Gewayantana Lohayong dan MIN Lohayong berada dalam satu kompleks. Lembaga pendidikan di dataran tinggi dengan  pemandangan indah ke arah laut.

Perkembangan  madrasah di wilayah Solor merupakan kerja keras para pendahulu dan  tokoh agama serta tokoh masyarakat di wilayah Solor. Mereka telah berjuang memajukan madrasah sebagai lembaga pendidkan berciri khas agama di Kabupaten Flores Timur.

Di tahun 2017  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTT, Drs. Sarman Marselinus berkata mengemban tugas memajukan
Madrasah memang tugas berat Kepala dan para guru. Lanjutnya, sepanjang dijalankan dengan baik tulus pasti ada kemajuan. “Jaga kekompakan dan selalu sinergi dan tingkatkan performa serta mutu dan kualitas pelayanan pendidikan,”kata Sarman Marselinus. all/poll
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *