Senin, 24 Juni, 2024

Puliuhan personel Polres Badung saat menjalani tes urine. (Foto: Istimewa)

BADUNG,MENITINI.COM-Bidpropam Polda Bali bersama Biddokes melakukan tes urine kepada puluhan personel Polres Badung, Rabu (5/6/2024). Tidak hanya tes urine, mereka juga diperiksa kedisiplinanya mulai dari tampang dan identitas diri. 

Pelaksanaan tes urine dan kedisiplinan dipimpin oleh Kasubbidprovos Bidpropam Polda Bali AKBP I Ketut Dana. Kegiatan ini gelar untuk memastikan seluruh anggota Polres Badung tidak melanggar disiplin sebagai anggota Polri. 

“Jadi yang diperiksa dalam kegiatan Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktiblin) ini antara lain pemeriksaan sikap tampang dan kelengkapan data diri,” bebernya. Kegiatan ini untuk menindaklanjuti pelanggaran disiplin dan kode etik yang masih terjadi sehingga berdampak menurunkan citra Polri. 

“Seluruh personel jajaran Polda Bali tidak boleh melakukan pelanggaran sekecil apapun,” tegasnya. 

Dibeberkannya, Tim Gaktibplin turun ke jajaran tidak untuk mencari-cari kesalahan. Tapi untuk mencegah serta mengantisipasi personel jajaran Polda Bali agat tidak terlibat dalam tindak pidana narkoba dan pelanggaran disiplin lainnya. 

Keterangan terpisah, Kasi Humas Polres Badung Ipda I Putu Sukarma mengatakan hasil pemeriksaan Gaktiblin terhadap ratusan personel tidak ada yang melanggar. Hal serupa juga dengan hasil tes urine tidak ditemukan adanya anggota yang positif narkoba. 

“Semua personel di Mapolres Badung berjumlah seratusan lebih semuanya diperiksa Gaktiblin. Sementara yang dites urine hanya puluhan orang dan dilakukan secara acak. Astungkara semuanya tidak ada yang melanggar,” tuturnya. 

  • Editor: Daton