Rabu, 29 Mei, 2024
Pemkab Jember Jatim Lirik Sentra Tenun Jembrana

Pemkab Jember Jatim Lirik Sentra Tenun Jembrana. (Foto: M-011)

NEGARA,MENITINI.COM- Keberadaan Sentra Tenun sebagai wadah UMKM di Kabupaten Jembrana, Bali menjadi ketertarikan bagi daerah lain. Teranyar Sentra Tenun yang juga sebagai pusat oleh-oleh Kabupaten Jembrana itu dikunjungi rombongan Pemerintah Kabupaten Jember. 

Rombongan dipimpin langsung oleh Bupati Jember Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Jember KH. MB Firjaun Barlaman diterima langsung Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Kamis (11/5/2023).

Setiba di Jembrana, Rombongan Bupati Jember diajak mengunjungi Sentra Tenun Jembrana yang merupakan sentra kerajinan dan pusat oleh-oleh di kabupaten Jembrana oleh Bupati Tamba yang di dampingi Sekda I Made Budiasa. Bupati Tamba merasa bahagia atas kunjungan Bupati Jember bersama rombongan ke kabupaten Jembrana. 

“Tentu Jember ini kita anggap sebagai kakak kita, karena Jember dan Jembrana itu rangkaian kata yang saling menyambungkan.  Tentu saya ucapkan penuh rasa suka cita dan bahagia apalagi bliau (Bupati Jember) membawa rombongan dan pak wakil juga hadir, dan tentunya kunjungan bliau ini akan saya balas.  Saya akan datang juga ke jember tanggal 13 dalam rangka kegiatan hari dharma shanti umat hindu di Jember,” ungkap Bupati asal desa Kaliakah. 

BACA JUGA:  Di Melbourne, Presiden Jokowi Disambut Antusias Masyarakat Indonesia

Selain itu, Bupati Tamba juga apresiasi kepada Bupati Jember yang sudah melihat serta membeli produk-produk UMKM Jembrana di Sentra Tenun saat kunjungan. 

“ Pak Bupati sudah melihat bahkan membeli prodak-prodak UMKM yang sudah ada di sentra tenun ini, tentu saya meberikan apreasiasi karena ini adalah bagian dari pada etalase umkm jadi kita membantu memberikan spirit semangat kepada umkm  kita yang ada di jembrana. Dengan kedatangan pak bupati jember mungkin saudara-saudara yang di jember kalau ke jembrana mampir ke sentra tenun pusat oleh oleh di kabupaten jembrana,” ujarnya. 

Sementara, Bupati Jember  Hendy Siswanto yang didampingi Wabup KH. MB Firjaun Barlaman mengatakan, ketertarikannya datang langsung ke Jembrana karena ingin tahu dan melihat secara langsung produk-produk UMKM yang ada di Jembrana, salah satunya produk UMKM yang ada di Sentra Tenun. 

BACA JUGA:  Di Melbourne, Presiden Jokowi Disambut Antusias Masyarakat Indonesia

“Bapak Bupati Tamba sampaikan tentang UMKM yang sangat luar biasa tentunya kami juga punya UMKM banyak yang harus bisa meniru apa yang ada di kabupaten jembrana ini,” ujarnya. 

Pihaknya juga mengungkapkan bahwa hasil kunjungannya ke Jembrana akan dibawa sebagai contoh di kabupaten Jember. 

“Tentunya kami sangat berharap sekali sebentar lagi kami akan bawa rombongan besar datang ke jembrana ini untuk bukan stadi banding tapi stadi meniru, meniru apa yang sudah ada disini kami akan coppy paste untuk bisa dicontohkan dan diteruskan oleh UMKM kami di Jember,” terangnya.

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan selain untuk silaturahmi, kehadirannya ke Jembrana juga berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh parisadha hindu dharma indonesia di Kabupaten Jember. 

BACA JUGA:  Di Melbourne, Presiden Jokowi Disambut Antusias Masyarakat Indonesia

“Tentunya ini suport dan dukungan dari bapak bupati jembrana yang sudah dikirimi hibah berupa ogoh-ogoh dan nanti itu kami akan tempatkan di kampung kreatif JFC (Jember Fasion Carnival). 

Ia harap para seniman  yang berasal dari Bali, khususnya seniman dari  kabupaten Jembrana bisa menularkan bakat kreatifnya kepada masyarakat di Jember. 

“Kami sangat berharap nanti para seniman-seniman yang dibali bisa memberikan bantuan untuk memberikan suatu pelajaran kepada warga kami di Jember ada nilai tambah setiap barang-barang yang kami buat produk-produk kreatif yang ada sentuhan-sentuhan tangan yang sangat luar biasa di Jembrana ini sehingga nilai itu menjadi tambah,” tandasnya. (M-011)

  • Editor: Daton