Operasi Ketupat Salawaku Gabungan, Siap Amankan Idul Fitri di Maluku

AMBON, MENITINI.COM– Demi menjaga setuasi keamanan saat perayaan hari raya Idul Fitri Tahun 2023 di wilayah Maluku, maka Polda Maluku mengerahkan sebanyak 4.923 personil gabungan.

Kesiapan pengamanan hari Raya Idul Fitri di Maluku ditandai dengan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Salawaku yang diikuti ribuan personel di Lapangan Polda Maluku Letkol Pol Chr Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Senin (17/4/2023).

Adapun ribuan personel gabungan yang terlibat dalam operasi Ketupat Salawaku akan bertugas mengamankan wilayah tersebut selama 14 hari ke depan.

Apel gelar pasukan pengamanan Idul Fitri di Maluku itu dipimpin Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Maluku Murad Ismail, Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa, danlantamal IX Ambon, danlanud Pattimura, kabinda Maluku dan sejumlah pejabat lainnya.

BACA JUGA:  Seorang Ibu Berusia 23 Tahun di Ambon, Akhiri Hidup dengan Gantung Diri

“Personel yang dilibatkan kurang lebih 4.923 orang, yang terdiri dari 3.889 dari Polri, TNI 589, dan 445 personel dari instansi terkait,” jelas Kapolda kepada wartawan usai memimpin apel pasukan.

Selain mengerahkan ribuan personel, Polda Maluku juga akan menyiapkan pos pengamanan sebanyak 48 unit, Pos Pelayanan 22 unit dan Pos Terpadu 10 unit. Puluhan Pos tersebut tersebar di seluruh Maluku.

“Kita juga menyiapkan pos pelayanan, pos pengamanan dan pos terpadu untuk melayani masyarakat,” ucapnya.

Selain mengamankan masjid-masjid dan daerah rawan, ribuan personel yang dikerahkan itu nantinya akan mengamankan berbagai berbagai objek vital seperti pelabuhan, bandara, terminal pusat perbelanjaan dan pusat kermaian lainnya.

BACA JUGA:  Sambut  Idul Fitri, Pemkab Jembrana Gelar Pasar Murah di Enam Titik Lokasi

Latif  pun mengingatkan para pemudik untuk menjaga keselamatan diri  dan mengikuti semua petunjuk dan SOP dari petugas yang telah ditetapkan, tutup Kapolda. (M-009)

  • Editor: Daton