Sabtu, 18 Mei, 2024

Alat berat yang dipergunakan Dinas LHK menyisir sampah kiriman. (M-003)

BADUNG,MENITINI.COM – Sejak sepekan lalu kondisi sampah kiriman di pesisir barat Kabupaten Badung telah menghilang 100 persen.

Dinas LHK Badung menyatakan musim sampah kiriman telah berakhir. Total sebanyak 1.464 ton sampah kiriman telah ditangani sejak bulan Januari-April 2024.

Kendati demikian, petugas saat ini tengah bersiap menghadapi musim sampah kiriman di pesisir pantai timur.

Diperkirakan dalam waktu dekat ini sejumlah pantai di pesisir timur akan mengalami musim sampah kiriman.

Koordinator Deteksi Evakuasi Sampah Laut (Desalut) Dinas LHK Badung, Made Gede Dwipayana mengatakan sejak seminggu belakangan ini sampah kiriman di pesisir pantai barat memang tidak lagi menunjukan perkembangan.

Kondisi sejumlah pesisir barat nihil dari sampah kiriman. Dari catatan pihaknya total ada sekitar 1.464 ton sampah kiriman telah ditangani di pesisir barat Kabupaten Badung sejak bulan Januari hingga peetengahan April 2024.

BACA JUGA:  Kolaborasi Bersihkan Sampah di Pesisir Pantai dan Bawah Laut Tanjung Benoa

Sampah tersebut dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung dan Pusat Daur Ulang (PDU) Mengwitani. “Kondisi sampah kiriman tahun ini cenderung menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai lebih dari 2.000 ton. Untuk puncak sampah kiriman tahun ini terjadi di bulan Februari, sedangkan pada tahun sebelumnya musim sampah kiriman terjadi bulan Desember hingga Januari,” terangnya, Senin (22/4).

Tahun ini Pantai Kuta dan Kedonganan menjadi 2 pantai yang cukup banyak diserbu sampah kiriman di pesisir barat Kabupaten Badung. Sampah yang berserakan di Pantai Kuta didominasi ranting dan kayu, sedangkan Pantai Kedonganan dominan sampah plastik.

Adapun jumlah sampah kiriman yang menepi di pesisir barat yaitu di Pantai Batu Bolong-Pantai Perancak mencapai 50 ton, Pantai Batu Belig-Pantai Peti Tenget mencapai 138 ton,

BACA JUGA:  BBMKG Keluarkan Peringatan Dini, Gelombang Tinggi, Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Tiga  Hari

Pantai Double Six Seminyak mencapai 88 ton, Pantai Legian Mencapai 232 ton, Pantai Kuta mencapai 404 ton, Pantai Jerman mencapai 82 ton.

Kemudian Pantai Kelan mencapai 12 ton, Pantai Kedonganan mencapai 350 ton, dan Pantai Jimbaran mencapai 108 ton.

Saat ini pihaknya mulai mengalihkan perhatian ke pantai-pantai di pesisir timur Badung. Diperkirakan sampah kiriman di pesisir pantai timur Badung akan menepi dalam waktu dekat, seiring musim angin timuran.

“Sampah kiriman di sisi timur saat ini belum muncul, kemungkinan akan muncul dalam waktu dekat karena angin sudah berbalik,” imbuhnya. (M-003)

  • Editor: Daton