iPhone 15 Pro Dapat Melenyapkan Volume Mekanis dan Tombol Daya

Ilustrasi Apple iPhone
Ilustrasi Apple iPhone (Foto: Gizmochina)

JAKARTA,MENITINI.COM-Analis Apple Ming-Chi Kuo mengungkap IPhone 15 Pro dan Pro Max dapat menukar volume mekanis dan tombol daya untuk saklar solid-state yang menggunakan umpan balik haptic. Tombol dapat berfungsi seperti tombol home solid-state yang pertama kali dirilis pada iPhone 7.

Mengutip Republika.co.id, tombol tersebut tidak dapat ditekan secara fisik tetapi bergetar sebagai respons terhadap sentuhan.

Dilansir dari The Verge, Senin (31/10/2022), iPhone 8, serta model generasi kedua dan ketiga dari iPhone SE yang ramah anggaran juga memiliki tombol home solid-state, yang ditenagai oleh Taptic Engine Apple. Apple menggunakan teknologi yang sama ini untuk mengaktifkan penekanan keyboard haptic di iOS 16, serta dengan trackpad Force Touch yang digunakan pada MacBook-nya.

BACA JUGA:  Pabrik Baru OPPO di Tangerang, Serap 35% Pekerja Lokal

Dalam sebuah cicitan, Kuo menjelaskan Apple harus menambahkan Taptic Engines di sisi kiri dan kanan dari dua model iPhone 15 kelas atas untuk memberikan umpan balik paksa untuk membuat pengguna merasa seperti mereka menekan tombol fisik. Hal tersebut akan membawa jumlah mesin Taptic di dalam iPhone 15 dari satu menjadi tiga.

Kuo tidak menyebutkan iPhone dasar 15 atau iPhone 15 Plus, jadi kedua model ini mungkin memiliki tombol daya dan volume klik yang sama.

Perusahaan dilaporkan ingin membawa tombol solid-state ke Apple Watch pada 2018, tetapi itu masih belum terjadi, dan bahkan Apple Watch Ultra baru seharga 799 dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 12,4 juta masih dilengkapi dengan beberapa skalar fisik.

BACA JUGA:  Jam Tangan Pintar Rambah Deteksi Kesehatan Darah

Meskipun The Verge menulis sekitar satu tahun dari debut iPhone 15, tapi The Verge masih mendengar banyak desas-desus tentang perangkat yang akan datang. Termasuk bahwa model baru mungkin menjatuhkan merek “Pro Max” untuk “Ultra,” dan bahkan mungkin menampilkan Dynamic Island baru di semua model bukan hanya versi Pro. iPhone 15 juga diharapkan menjadi iPhone pertama yang memiliki fitur USB-C.

Sumber: Republika.co.id