Bupati Jembrana Terima Laporan Hasil Pemeriksaan BPK

JEMBRANA,MENITINI.COM-Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHP BPK) Perwakilan Provinsi Bali, di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali, Kamis (28/12/2023). LHP tersebut juga diserahkan kepada DPRD Jembrana yang diwakili Badan Anggaran DPRD Jembrana I Ketut Sudiasa. 

LHP BPK yang diterima Bupati Tamba merupakan LHP Semester II Tahun 2023 atas Pemeriksaan Kepatuhan Bielanja Daerah Tahun 2022 dan Tahun 2023 smpai dengan triwulan III yang diserahkan langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Satria Perwira.

Penyerahan LHP ini, dilaksanakan serentak dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dan Bank Pembangunan Daerah Bali.  Turwut hadir dalam acara tersebut, Pj. Gubernr Bali, Sang Made Mahendra Jaya, Wakil Ketua DPRD Bali, Sekda Provinsi Bali, para Bupati/Walikota, Pimpinan DPRD Kabupaten/Kota serta Direktur BD Bali.

BACA JUGA:  Kejurnas Sprint Rally 2024 Digelar di Sirkuit Legendaris di Jembrana 

Kepala BPK Bali, I Gusti Ngurah Satria Perwira berharap rekomendasi atas laporan hasil pemerikasaan yang dilakukan oleh BPK Bali dapat ditindaklanjuti seluruh Kepala Daerah dan instansi terkait lainnya.

“Laporan hasil pemeriksaan ini akan lebih bermanfaat apabila diikuti dengan tindak lanjut sebagaimana yang telah direkomendasikan,” ujarnya.

Pihaknya menegaskan, tindak lanjut sebakgaimana yang telah direkomendasikan BPK agar tidak melebihi batas waktu yang telah ditetapkan.

“Pemerintah wajib menindaklanjuti sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh BPK RI selambat-lambatnya dalam enam puluh hari setelah hasil pemeriksaan laporan diterima,” tegasnya.

Satria Periwira juga menyampaikan apreasiasi terhadap Pemerintah Daerah yang telah bekerjasama dengan BPK RI untuk dapat melaksanakan keuangan daerah dapat berjalan dengan baik dan benar.

BACA JUGA:  Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah Tahap 1 di Jembrana Kembali Disalurkan

“Kami memberikan apresasi setinggi-tingginya atas segala upaya seluruh OPD khususnya Inspektorat yang selama ini telah melakukan dan mendukung  upaya pencapaian tindak lanjut rekomendasi laporan hasil pemeriksaan dan termasuk mengkomunikasikan selama proses pemeriksaan,” ucapnya.

Sementara, Bupati Tamba juga  mengapresiasi laporan hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Bali dan menjadikannya acuan untuk penyelenggaraan keuangan daerah yang lebih baik.

“Terima kasih saya sampaikan kepada BPK RI Perwakilan Bali atas laporan hasil pemeriksaan dan rekomendasi yang diberikan untuk mendukung penyelenggaraan dan pengelolan keuangan daerah transparan dan akuntabel,” ucap Bupati Tamba. (M-011)

  • Editor: Daton