Bersaing dengan 3.478 Program, TOSS Klungkung Sabet Top 5 Inovasi Pelayanan Publik

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima penghargaan dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022 yang diserahan langsung oleh MenPAN RB Abduallah Azwar Anas.
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima penghargaan dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022 yang diserahan langsung oleh MenPAN RB Abduallah Azwar Anas. (Foto: ist)

SEMARAPURA,MENITINI.COMTempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Pemerintah Pemerintah Kabupaten Klungkung berhasil menembus Top 5 Outstanding Achievement of Public Services ‘Sangat Terpuji’ 2022. Program yang digagas oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta tersebut berhasil lolos setelah bersaing melawan 3.478 program lain dari seluruh Indonesia.

Sebelumnya program TOSS pada pada tahun 2018 lalu berhasil masuk TOP 40 Inovasi Pelayanan Publik, tahun 2021 berhasil masuk Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kategori Khusus. Untuk tahun ini, TOSS masuk dalam TOP 5 Outstanding Achievement of Public Services dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022. Dengan begitu TOSS adalah inovasi program milik Pemkab Klungkung yang tercatat sebanyak tiga kalinya masuk dalam kompetisi yang digelar Kemenpan RB tersebut.

BACA JUGA:  Bayar Tunggakan JKN dengan Sampah, Menparekraf Apresiasi Inisiatif BPJS

Penghargaan diserahkanoleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas dalam acara Penganugerahan Bersama Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi” di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (6/12/2022).

Abdullah Azwar Anas berharap kedepanya inovasi lebih difokuskan pada reformasi birokrasi tematik. Yakni reformasi birokrasi pengentasan kemiskinan, reformasi birokrasi, reformasi birokrasi peningkatkan investasi, reformasi birokrasi digitalisasi dan reformasi birokrasi percepatan prioritas aktual Presiden.

Lebih lanjut Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji diharapakan dapat menjadi inspirasi bagi daerah dan instansi lain yang memiliki permasalahan sama untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sehingga diminta agar terbuka untuk melakukan transfer pengetahuan bagi instansi yang ingin mereplikasi.

BACA JUGA:  Berkali-kali Disampaikan, ITDC Belum Kerjakan, Pembuatan Gorong gorong Cegah Abrasi

“Selamat bagi instansi yang inovasinya terpilih sebagai Top Terpuji. Bagi yang belum terpilih, jangan berkecil hati, karena penghargaan terbesar dari berjalannya inovasi bagi penyelenggara pelayanan publik tentunya adalah kepuasan masyarakat,” kata Mantane Bupati Banyuwangi dua periode ini.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengatakan TOSS diyakini secara sistem sudah dapat mempertahkan dan mengembangkan metode pengolahan sampah. Kedepannyan pihaknya akan lebih memantapkan pengolahan dari hulu sampai hilir, ditambah dengan gencarnya pembangunan TPS3R di desa. Suwirta bersyukur inovasi TOSS kembali masuk Inovasi Pelayanan Publik Terpuji dan diakui di tingkat nasional.

“Ke depannya akan terus melakukan ekspansi, inovasi dalam inovasi agar menjadi sesuatu yang lebih besar serta terus melakukan proses penyempurnaan sehingga TOSS kian pantas menjadi objek studi daerah lain dalam mengelola dan mengatasi masalah sampah terutama mengatasi sampah plastik,” ujarnya. Bupati Asal Nusa Ceningan itu juga mengatakan dengan penganugerahaan tersebut, inovasi TOSS akan mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) yang akan diperuntukan untuk penyempurnaan TOSS. (M-011)

BACA JUGA:  Sampah Unilever, Wings dan Indofood Bergelantungan Cemari Sungai Ciliwung