Bea Cukai Ngurah Rai Bali Ajak Maskapai Implementasi E-CD Nasional

Suasana Sosialisasi E-CD Nasional di Bandara Ngurah Rai Bali, Kamis (6/10/2022).
Suasana Sosialisasi E-CD Nasional di Bandara Ngurah Rai Bali, Kamis (6/10/2022). (Foto: M-006)

DENPASAR, MENITINI.COM-Bea Cukai Ngurah Rai selenggarakan sosialisasi implementasi Electronic Customs Declaration (E-CD) Nasional yang diselenggarakan di Aula Lantai 3, Gedung Bea Cukai Ngurah Rai pada Rabu (5/10/2022). Seluruh maskapai penerbangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai hadir sebagai peserta sosialisasi yang diberi nama “Sosialisasi Aplikasi Pemberitahuan Barang Bawaan Penumpang”. 

Kepala Kantor Bea Ngurah Rai, Mira Puspita Dewi menyampaikan, esensi pentingnya sosialisasi tersebut selain sebagai penyebaran ketentuan juga sekaligus sebagai media menyatukan visi guna menghimpun langkah bersama memberikan extra effort untuk Bali yang tengah bangkit dari pandemi.

“Kondisi Bali yang mulai bangkit kembali ini patut kita syukuri. Namun bersyukur saja tidak cukup, kita perlu melakukan langkah strategis menjamin bangkitnya Bali ini dapat lancar dan tidak terhambat. Salah satunya penerapan penyampaian dokumen Customs Declaration secara elektronik. Oleh karena itu siang ini kami selenggarakan sosialisasi selain untuk memberikan penyegaran ketentuan kepabeanan dan cukai atas barang bawaan penumpang, juga untuk menyepakati langkah bersama terkait implementasi ECD,” ungkap Mira Puspita Dewi.

BACA JUGA:  Indonesia akan Perjuangkan Penyandang Distabilitas di G-20

Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai telah memiliki Aplikasi E-CD yang akan diimplementasikan pada seluruh Bandara Internasional di Indonesia. Aplikasi E-CD Nasional dapat diakses melalui laman web (web-based) https://ecd.beacukai.go.id/.

“Mulai hari ini (06/10) website E-CD Bea Cukai Ngurah Rai akan kami non-aktifkan, dan kepada seluruh maskapai diminta beralih ke E-CD Nasional yang dapat diakses di alamat ecd.beacukai.go.id. Atas peralihan ini tentunya kami tidak berdiam diri, kami akan dampingi dan monitoring serta evaluasi kendala-kendala yang dihadapi secara berkala. Dari bidang kehumasan juga kami akan support dengan penyebaran informasi baik melalui media sosial, maupun melalui penyediaan papan informasi di bandara,” tambah Mira Puspita Dewi.

BACA JUGA:  29 Adegan dalam Rekontruksi Pembunuhan Pegawai Bank Gusti Agung Mirah

Pada sosialisasi yang juga dihadiri oleh Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai, Kantor Wilayah DJBC Bali, NTB, dan NTT, Saut Mulia, Ketua Airlines Operator Committee Bandara Ngurah Rai, Putu Deddy, Co-GM PT Angkasa Pura I (Persero), Rully Artha, dan Kepala Bidang Keamanan Angkutan Udara dan Kelaikudaraan Otoritas Bandara Wilayah IV, Fuadani tersebut, berhasil mendapatkan komitmen dari berbagai pihak untuk menyukseskan upaya digitalisasi penyampaian Customs Declaration melalui E-CD Nasional. M-006