Antisipasi Kebutuhan Listrik Menjelang Nataru dan Piala Dunia, DPRD Maluku Rakor dengan PLN

Rapat Kordinasi Komisi II DPRD Provinsi Maluku dengan PT. PLN terkait kebutuhan listrik menjelang Natura dan Piala Dunia.
Rapat Kordinasi Komisi II DPRD Provinsi Maluku dengan PT. PLN terkait kebutuhan listrik menjelang Nataru dan Piala Dunia. (Foto: M-009)

AMBON,MENITINI.COM – Menjelang Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru), juga menghadapi Piala Dunia yang berlangsung di Qatar mulai tanggal 20 November 2022, Komisi II DPRD Provinsi Maluku bersama pihak PT. PLN Ambon lalukan Rapat Koordinasi (Rakor).

Rakor bersama yang berlangsung di ruang rapat komisi II DPRD Provinsi Maluku Karang Panjang Ambon pada kamis (17/11/2022) dipimpin oleh wakil ketua komisi II Turaya Samal didampingi anggota komisi II yang lain. “Rakor dengan pihak PLN ini terkait dengan Nataru dan juga Piala Dunia,” ucap Samal.

Pada prinsipnya, kata Samal, PLN sudah menyiapkan segala hal untuk menyambut Nataru juga perhelatan Piala Dunia sehingga tidak ada persoalan kelistrikan nanti pada saat itu. Saat Nataru nanti kebutuhan masyarakat cukup tinggi, juga pada saat momen-momen tertentu seperti hari-hari besar keagamaan, ujarnya.

BACA JUGA:  Soal Menteri Berkampanye, Presiden Jokowi: Saya Minta Fokus Bekerja

Dikatakan, banyak hal juga yang disampaikan oleh teman-teman komisi II perwakilan beberapa Kabupaten dan Kota yang ada di komisi II terkait dengan persoalan kelistrikan yang ada di Daerah mereka masing-masing.

Pihak PLN mengatakan bahwa PLN akan tetap bersinergi untuk menjawab semua persoalan yang disampaikan oleh komisi II terkait dengan listrik 12 jam dan belum 1 X 24 Jam dan itu pihak PLN terus berupaya untuk bisa menjawab persoalan itu, kata Samal.

Seperti di Kabupaten Aru, menurut PLN sudah ada ketersedian mesin yang akan diantar kesana untuk menjawab persoalan kelistrikan di Aru. Untuk di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), 19 Dusun di Desa Luhu, kata Samal, PLN minta komisi bekerja sama dengan Pihak Balai Jalan untuk bisa memindahkan jaringan yang ada ke jalan yang sudah selesai di kerjakan, agar akses kesana itu bisa lebih mudah .

BACA JUGA:  Abaikan Undangan DPRD, Dua Fraksi Kecam Gubernur Maluku

Sehingga saat terjadi pemadaman atau gangguan listrik maka dari pihak petugas PLN itu bisah secepatnya menyelesaikan gangguan tersebut.

”Dan ada beberapa tempat yang tidak bisa dilewati oleh jalur darat, maka mereka juga lagi sedang berupaya untuk bisa tetap menyediakan kebutuhan listrik. Prinsipnya untuk Nataru tidak ada masalah dengan PLN, jelas anggota DPRD Dapil SBB itu.

Menejer PT. PLN UP3 Ambon, Yusrisal S.T., M.T, juga mengatakan, bagi PLN Ambon ini spesial, apalagi kalau ada Piala Dunia itu akan ramai.

”Dan kami tetap standby, mulai dari tanggal 20 November ini kita tetap menyiapkan petugas selama 24 jam. Yusrisal juga sampaikan terima kasih pada masyarakat, karena petugas kami telah melakukan pemangkasan pohon dan pembersihan jaringan yang mana masyarakat sudah merelakan itu,“ungkapnya.

BACA JUGA:  Togar Siap Melayani, Bukan Dilayani

Terkait Nataru, apakan PLN dapat menjamin ketersedian listrik tidak akan padam, Secara optimal pihaknya tahu kebutuhan masyarakat tinggi, dan tidak akan ada pemadaman. ”Kalaupun padam tidak lama dan kita antisipasi apalagi menjelang Nataru juga Piala Dunia ini” pungkasnya. (M-009).

Lampiran Foto : Rapat Kordinasi Komisi II DPRD Provinsi Maluku dengan PT. PLN terkait kebutuhan listrik menjelang Natura dan Piala Dunia.