Vaksin Kanker Serviks: Menjelang Gratis, Apa Saja yang Perlu Kita Ketahui?

DENPASAR, MENITINI.COM – Asyik, sebentar lagi vaksin kanker serviks gratis! Kabar yang membawa angin segar bagi kaum wanita di Indonesia tentunya. Menyandang gelar pembunuh wanita nomer satu di dunia, tentunya perlu kerjasama berbagai pihak terutama pemerintah dalam menggalakkan upaya pencegahan. Imunisasi secara luas dengan vaksin kanker serviks alias vaksin HPV dapat mengurangi dampak kanker serviks dan kanker lain yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) di seluruh dunia. Redaksi merangku apa saja yang perlu Anda ketahui seputar vaksin kanker serviks berikut!

Kegunaan vaksin kanker serviks atau vaksin HPV

Ciri khas virus HPV yang memicu kejadian kanker serviks adalah menyebar melalui kontak seksual. Gardasil 9 adalah vaksin HPV yang disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat dan dapat digunakan untuk anak perempuan dan laki-laki seluruh dunia.

BACA JUGA:  Presiden Gratiskan Vaksin Covid-19, Begini Reaksi Wakil Ketua MPR dan Netizen

Vaksin ini dapat mencegah sebagian besar kasus kanker serviks sebelum anak perempuan atau perempuan terpapar virus. Selain itu juga dapat mencegah kanker vagina dan vulva. Sedangkan pada pria, vaksin dapat mencegah kutil kelamin, kanker dubur, dan kanker area kepala leher.

Secara teori, jika anak laki-laki juga mendapat vaksinasi HPV, maka mereka dapat membantu melindungi anak perempuan dari virus dengan mengurangi kemungkinan penularan kemudian hari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*