Pantai Pulau Merah, Mutiara Terpendam di Banyuwangi

Panorama Pantai Pulau Merah di Banyuwangi Selatan, Jawa Timur

BANYUWANGI, MENITINI Pantai ini terletak di bagian selatan Kabupaten Banyuwangi. Dekat tambang emas. Pantai Pulau Merah, terletak di Desa Pancer, Kecamatan Pasanggaran. Dari Ketapang sekitar 70 kilometer. Di lokasi ini, terdapat tambang emas, Tumpang Pitu.

Nama Pantai Pulau Merah berasal dari sebuah bukit kecil yang memiliki tinggi sekitar 200 meter dan tersusun dari tanah Berwarna Merah yang berlokasi di dekat Pantai.

Bukit ini dapat dikunjungi ketika air laut sedang surut dan ketika air laut pasang bukit ini akan menjadi sebuah pulau yang terpisahkan oleh air laut dari pantai.

Di Pantai Pulau Merah ini juga terdapat sebuah pura yang sering digunakan umat Hindu di daerah setempa melakukan upacara keagamaan mekiyis. Pantai pulau merah berupa hamparan pasir putih yang memanjang hingga 3 km.

BACA JUGA:  Tujuh Agenda di Bali Masuk Kalender Event Nasional dan Internasional

Pantai ini menghadap langsung ke samudera Hindia ke arah selatan. Pasir di Pantai ini memiliki warna putih dan terkadang terlihat agak pink atau kemerahan

Pulau Merah atau Pulo Merah adalah sebuah pantai dan objek wisata di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini dikenal karena sebuah bukit hijau kecil dengan tanah berwarna merah yang terletak di dekat bibir pantai. Bukit ini dapat dikunjungi dengan jalan kaki saat air laut surut. kas/poll

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*