Kemenkes Sebut Gagal Ginjal Akut Tak Berkaitan dengan Covid-19

(Foto: dok. Kemenkes)

JAKARTA,MENITINI.COM-Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengatakan penyakit gagal ginjal akut pada anak tidak berhubungan dengan covid-19. Kemenkes terus melacak penyebab gagal ginjal akut pada anak.

“Sampai saat ini kejadian gagal ginjal akut tidak ada kaitannya dengan vaksin covid-19 maupun infeksi covid-19,” kata juru bicara Kemenkes M Syahril dikutip Medcom.id, Rabu (19/10/2022).

Syahril mengatakan pihaknya terus melakukan pemeriksaan laboratorium guna mendalami musababnya. Kemudian, menggandeng sejumlah pemangku kepentingan. “Seperti ahli epidemiologi, BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), dan Puslabfor (Pusat Laboratorium Forensik),” papar dia.

Syahril menyebut penyelidikan epidemiologi dilakukan dengan mengawasi dan memeriksa infeksi-infeksi penyebab gagal ginjal akut pada anak. Pemeriksaan mencakup usap tenggorokan, usap anus, pemeriksaan darah, dan kemungkinan keracuan makanan.

BACA JUGA:  Instruksi Gubernur! Siswa Terpapar Covid Belajar Daring

“Tim juga akan menanyakan berbagai jenis obat-obatan yang dikonsumsi maupun penyakit yang pernah diderita 10 hari sebelum masuk rumah sakit atau sakit,” ujar dia.

Sambil menunggu hasil investigasi, kata Syahril, Kemenkes telah meminta fasilitas pelayanan kesehatan meningkatkan kewaspadaan. Caranya dengan aktif melaporkan setiap kasus yang mengarah pada gagal ginjal akut pada anak.

“Kemenkes juga mengimbau masyarakat menggunakan obat dengan baik dan benar sesuai dengan resep dokter maupun informasi yang tertera di kemasan obat,” ucap dia.

Sumber: Medcom.id