Rabu, 29 Mei, 2024

Waka Polres Seram Bagian Timur (SBT), Kompol Muhammad Musaat sedang membantu menyuplai air bersih kepada warga Bula. (Foto: M-009)

BULA,MENITINI.COM-Polres Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) membantu menyuplai air bersih menggunakan kendaraan Armoured Water Cannon (AWC) bagi warga yang mengalami kesulitan memperoleh air bersih akibat dampak kekeringan di Kota yang dijuluki “Ita Wotu Nusa.” 

“Warga kesulitan air sejak pertengahan bulan Juni dan untuk menjawab keluhan masyarakat terkait kurangnya stok air bersih di musim kemarau, Kapolres SBT menggunakan sarana dan prasarana AWC untuk suplai air bersih ke rumah warga masing-masing,” kata Kasubsi Penmas Sie Humas Polres SBT Bripka Suwardin Sobo, Minggu (1/10/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak Jumat (29/9/2023) hingga hari ini. Penyaluran pasokan air bersih tersebut kini berpusat di pemukiman warga yang berdomisili di jalur dataran tinggi tepatnya jalan Afganistan, Kota Bula, mereka sangat kekurangan pasokan air bersih.

BACA JUGA:  BMKG Sebut Indonesia Berpotensi Alami Kekeringan Meteorologis

Suwardin mengatakan kendaraan AWC yang sempat berfungsi memadamkan kebakaran lahan, kini dialihfungsikan sementara menjadi penyalur air bersih. “Kami berusaha buat yang terbaik untuk warga Bula, saling peduli itu penting, selama masih bisa berikan yang terbaik kami akan lakukan,” ucapnya. 

Dikatakan, meskipun sedikit, semoga air bersih yang disalurkan ini dapat membantu warga yang dilanda kekeringan pada wilayah perbukitan. “Kami juga berharap semoga kami bisa jalan bersama-sama dengan pemerintah daerah sehingga warga bisa terbantu, kata Suwardin.

Salah seorang warga Bula juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Porles SBT yang telah membantu menyediakan air bersih.” Dengan adanya bantuan air bersih dari Polres SBT, kami sangat terbantu di saat kekeringan menimpa kami, ucapnya.

BACA JUGA:  Puncak Musim Kemarau di Bali Diperkirakan pada Juli-Agustus

Bantuan penyaluran air bersih tersebut akan tetap berlangsung guna mengantisipasi kekurangan stok air bersih yang dialami warga pada musim kemarau saat ini. Kegiatan tersebut dipimpin Wakapolres SBT Kompol Muhammad Musaat bersama personel Sabhara dan operator mobil AWC Aipda Yaser Abdurrahman. (M-009)

  • Editor: Daton