Honda ADV Bakal Gunakan Mesin 160 cc

Honda ADV
Honda ADV (foto: dok Honda)

BANGKOK-Sepeda motor Honda Vario dan PCX saat ini sudah menggunakan mesin 160 cc dengan silinder tunggal. Berikutnya, disebut Honda ADV juga berpeluang menyusul dengan menggendong mesin 160 cc yang sama.
 
Great Biker, media otomotif asal Thailand menyebutkan ADV 160 terbarunya siap hadir pada 2022. Skutik adventure ini kabarnya bakal mendapat sejumlah ubahan dari sisi desain hingga dapur pacu.
 
Kemungkinan besar maka ADV 160 akan menggunakan mesin berteknologi eSP+ yang sudah mengadopsi 4 klep seperti Vario dan PCX. Hal ini cukup memungkinkan karena sebelumnya, ketiga model ini menggunakan mesin 150 cc yang sama namun berbeda untuk pengaturan tenaganya.


Jelas dari ukuran mesin yang biasanya dari 149 cc akan menjadi 157 cc dengan ukuran (bore x stroke) 60,0 x 55,5 mm, serta rasio kompresi 12:1. Di atas kertas, mesin ini bisa menghadirkan tenaga mencapai 15,8 daya kuda @ 8.500 rpm dan torsi maksimum 15 Nm @ 6.500 rpm, yang jelas lebih bertenaga dari mesin sebelumnya.
 
Selain itu, ada kesempatan juga ADV 160 dilengkapi dengan fitur motor gede (moge) yang ada di PCX yakni HSTC (Honda Selectable Torque Control). Sejatinya peranti ini adalah fitur keselamatan aktif kontrol traksi yang akan menjaga putaran ban belakang agar tak terjadi slip (freewheel).
 
Belum diketahui untuk desainnya akan seperti apa. Namun rasa-rasanya tidak akan jauh berbeda dengan gaya adventure yang sudah ditawarkan selama ini.

BACA JUGA:  Museum Vespa di VWD, Ajak Pengunjung Arungi Masa dengan Koleksi Ikonis

Sumber: Medcom.id

Editor: Ton