Hari Menanam Pohon, OCBC Indonesia dan Mangrove Jakarta Community Tanam 5.000 Pohon

JAKARTA,MENITINI.COM-Bertepatan dengan momentum Hari Menanam Pohon yang jatuh pada 28 November 2023, OCBC Indonesia bekerja sama dengan komunitas lingkungan Mangrove Jakarta Community dan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi Jakarta, melakukan penanaman 5.000 pohon mangrove jenis Rhizophora mucronata di dua lokasi Ekowisata Mangrove PIK dan Pulau Tidung Kecil. Kegiatan penanaman ini merupakan bagian dari komitmen OCBC Indonesia terhadap pelestarian lingkungan dan sebagai upaya peduli terhadap dampak gas emisi.

Komitmen OCBC Indonesia dalam melestarikan lingkungan hidup juga telah dituangkan melalui usaha-usaha mengurangi jejak karbon dengan melakukan berbagai penghematan energi, kertas, pengelolaan limbah, serta penurunan keluaran emisi yang dihasilkan dari kegiatan operasional Bank. Bank juga berkontribusi dalam mengurangi jejak karbon melalui kebijakan pembiayaan yang menggunakan penilaian Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST), pemberian kredit hijau dan pemberian kredit bertemakan keberlanjutan. 

BACA JUGA:  Hari Menanam Pohon, Kejaksaan Tanam Bibit Pohon Mangrove di Pantai Sowi 4 Manokwari

Julie Anwar, Head of Human Resources OCBC Indonesia mengatakan, bahwa perbankan bukan hanya tentang produk dan layanan keuangan saja, tapi juga tentang menciptakan masa depan yang lebih baik untuk diri sendiri, pelanggan, orang-orang terdekat, termasuk komunitas di sekitar kita. “Hal ini selaras dengan nilai-nilai yang terus ditanamkan dan dijalankan oleh Bank untuk seluruh karyawan, demi membangun masa depan yang lebih baik,” katanya.

Julie menambahkan, OCBC Indonesia juga secara konsiten melakukan kegiatan edukasi mengenai pelestarian lingkungan melalui program OCBC Sustainability Learning. Bank juga mendukung implementasi langkah nyata peduli lingkungan dalam kegiatan sehari-hari karyawan lewat kampanye #DimulaiDariSaya, karena pembelajaran tentang keberlanjutan dan pelestarian lingkungan hidup bisa dimulai dari diri masing-masing.

BACA JUGA:  Sosialisasi Rencana Pembangunan TPST Sangeh, Jika Timbulkan Bau akan Langsung Ditutup

Kegiatan menanam mangrove ini juga merupakan bagian dari employee engagement OCBC Indonesia bertajuk SPARTA (Sepeda, Lari, Tanam), sebuah program yang bertujuan membangkitkan semangat karyawan untuk hidup lebih sehat sambil berpartispasi dalam kegiatan yang berdampak positif bagi lingkungan. Dalam program ini, karyawan didorong untuk berolahraga yaitu lari dan bersepeda, dan setiap mereka lari atau bersepeda dengan jarak tertentu, setara dengan mendonasikan pohon mangrove yang berperan dalam kelestarian lingkungan.

“Kami sangat mengapresiasi OCBC Indonesia yang telah ikut berpartisipasi dalam upaya pelestarian mangrove di Jakarta. Dengan adanya kegiatan ini, kami harap dapat menjadi inspirasi untuk karyawan dan juga masyarakat umum agar terus berusaha melestarikan lingkungan hidup sebagai bentuk tanggung jawab kita untuk anak cucu kita nanti,” ujar Paundra Hanutama selaku Founder dari Jakarta Mangrove Community.

BACA JUGA:  Penggemar K-pop Bersatu Menentang Greenwashing Merek Fesyen Mewah Selama COP28 Berlangsung

Penanaman pertama akan dilakukan sebanyak 200 pohon di Kawasan lingkungan Hutan Mangrove PIK, dan selanjutnya 4.800 pohon lainnya akan ditanam di Pulang Tidung, Kepulauan Seribu. Dengan penanaman 5.000 mangrove jenis Rhizophora mucronata ini, diharapkan dapat berkontribusi mengurangi emisi karbon dan menciptakan ekosistem yang seimbang, menjadi tempat hidup bagi berbagai spesies laut, melindungi pantai dari abrasi, dan menyediakan sumber daya alam berkelanjutan bagi masyarakat sekitar.

  • Editor: Daton