Hari Kesehatan Mental Sedunia, Berikut Cara Memperingatinya

Hari kesehatan mental sedunia
Ilustrasi Hari kesehatan mental sedunia. (Foto: Pixabay)

Hari Kesehatan Mental Sedunia diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Tahun ini, WHO mengangkat tema “Making Mental Health & Well-Being for All a Global Priority” atau dapat diartikan “Menjadikan kesehatan mental untuk semua sebagai prioritas global atau mendunia”.

Melansir laman Sonara.id, tema tersebut diangkat dengan tujuan memberikan kesempatan bagi orang-orang dengan kondisi mental atau jiwa tertentu untuk dapat bersatu dan memberikan kemajuan di bidang kesehatan jiwa atau mental serta menyuarakan tentang apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mental yang seharusnya menjadi prioritas global.

Beberapa cara merayakan World Mental Health.

Hari Kesehatan Mental Sedunia merupakan momen penting untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental setiap orang. Momen ini harusnya menjadi saat yang tepat untuk menormalkan masalah kesehatan mental yang selaam ini mendapat stigma di masyarakat.

Meski sudah membaik, masih banyak orang yang malu saat hendak pergi terapi atau membicarakan perasaannya. Masyarakat juga harus lebih sadar dan peduli tentang tanda-tanda masalah kesehatan mental yang bisa dialami orang-orang terdekatnya.

Ketika bisa menyadarinya, diharapkan penanganan soal masalah kesehatan bisa jauh lebih cepat. Untuk itu, ada banyak sekali cara memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia.

BACA JUGA:  Delapan Jenis Obat Terapi Covid Dirilis Izin Edar BPOM, Ada Ivermectin dan Dexametason

Mulai dari diri sendiri hingga di lingkungan kerja. Misalnya saja:

  1. Memposting di media sosial tentang Hari Kesehatan Mental Sedunia dengan hastag #WorldMentalHealthDay, #WorldMentalHealthDay2022, #mentalhealth, #selfcare
  2. Mengecek keluarga dan teman terdekat
  3. Berbagi cerita tentang kesehatan mental, baik secara langsung maupun online di media sosial.
  4. Memberikan dukungan soal masalah kesehatan mental dimulai dari komunitas terdekat
  5. Berpartisipasi dalam acara Hari Kesehatan Jiwa Sedunia
  6. Menjadi sukarelawan di tempat penanganan kesehatan mental, misal di rumah sakit jiwa dan lain sebagainya.
  7. Mendengarkan cerita dan menawarkan bantuan bagi teman yang terindikasi mengalami masalah mental.
  8. Mendidik diri sendiri tentang kesehatan mental, misal dengan membaca buku atau menonton film dokumenter untuk mempelajari lebih lanjut.
  9. Jika Anda tengah mengalami masalah kesehatan mental, cobalah mengambil kesempatan untuk berbagi cerita, atau sekadar meluangkan waktu ekstra untuk perawatan diri.
  10. Melakukan aktivitas di luar dengan teman-teman atau tim kerja Anda. Aktivitas ini bisa berupa yoga, terapi seni, atau permainan. Cara ini dapat membuat mental para pekerja lebih sehat
  11. Mengundang pakar kesehatan mental, seperti psikolog atau psikiater, untuk berbicara dengan para karyawan. Para ahli dapat mengidentifikasi tanda-tanda tekanan mental dan mencari solusi untuk masalah tersebut.
BACA JUGA:  Konsumsi Cukup Omega-3 untuk Kesehatan Otak Masa Tua

Sesi ini bisa sangat membantu untuk meningkatkan kesadaran soal kesehatan mental.

  1. Memberikan ucapan menyentuh

Salah satu cara memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia lainnya yaitu dengan memberikan ucapan untuk orang-orang terdekat atau diunggah di media sosial.

Berikut adalah beberapa ucapan yang bisa disampaikan:

  • Orang yang mentalnya sehat, bisa menjadi orang yang bahagia. Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022.
  • Waktu dan kesehatan adalah dua aset berharga yang tidak dikenali dan hargai sampai keduanya hilang. – Denis Waitley
  • Jaga kesehatan mental kamu, karena pikiran yang sehat sangat penting untuk tubuh yang sehat. Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia.
  • Salam hangat di Hari Kesehatan Jiwa Sedunia untukmu. Mari kita berjanji pada diri sendiri bahwa kita tidak akan pernah menganggap enteng kesehatan mental
  • Tidak ada yang lebih rumit dari pikirannya sendiri. Berlatihlah meditasi dan kedamaian. Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia.
  • Penyakit fisik sangat terlihat tetapi tidak dengan penyakit mental, dan oleh karena itu, perlu perhatian lebih. Selamat Hari Kesadaran Kesehatan Mental untuk semua.
  • Kesehatan adalah dasar dari semua nikmat Tuhan, yang tanpanya semua nikmat menjadi kurang utuh. – Mario Teguh.
  • Kesehatan adalah hak dasar setiap warga negara dan bukan untuk diperjual belikan pemerintah terhadap rakyatnya. – dr Ratna Wijayanri, Sp. S.
  • Kesehatan adalah kekayaan terbesar yang memberikan nikmat kebahagiaan dan nikmat kebugaran di sepanjang hari. – Djajendra.
  • Kesehatan yang baik bukanlah sesuatu yang dapat kita beli. Namun, sesuatu yang dapat menjadi tabungan yang sangat berharga. – Anne Wilson Schaef.
  • Kenikmatan hidup paling nikmat di dunia ini adalah sehat. Karena apapun yang kamu miliki di dunia ini tak akan kamu nikmati, jika kamu sakit. – Dani Kaizen.
  • Yang dibutuhkan kesehatan mental adalah lebih banyak sinar matahari, lebih banyak keterbukaan, dan lebih banyak percakapan tanpa malu.
  • Sehat itu bukan untuk kemewahan. Sehat itu murah tetapi menjadi mahal ketika sehat telah berubah menjadi sakit.
  • Orang yang mengabaikan kesehatan dirinya adalah orang yang menabung masalah untuk masa depannya.
  • Yang paling indah di dunia ini adalah diberikannya kesehatan dan keluarga yang bahagia disaat usia makin bertambah.
BACA JUGA:  Virus Hendra Lebih Mematikan daripada Covid-19

Demikian beberapa cara memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia yang bisa dilakukan. Selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022!

Sumber: Sonara.id