Bule AS Bikin Heboh di Medsos, Ajak Kerabat Pindah ke Bali, Imigrasi Lacak Keberadaanya

Suasana di Jalan Kartika Plaza, jantung pariwisata Kuta Bali

DENPASAR, MENITINI.COM Bule bikin heboh lewat akun Twitter. Ia bercerita betapa enaknya hidup di Pulau Bali. Kristen Gray, Bule Amerika Serikat (AS) berkicau di media sosial (medsos)mengajak kerabat dan kolega pindah ke Bali karena selain hidup enak dan biaya murah, semua  serba mudah.

Kicauan Kristen lewat akun Twitter @kristentootie dilacak Imigrasi. Kristen bercuit tentang enaknya hidup di Bali bagi orang asing.

Dulu, sebelum pindah ke Bali, Kristen Gray yang  keturunan Afrika bercerita soal penghasilannya di Bali dan hidup yang lebih murah ketimbang waktu masih di AS.

Sontak tanda pagar atau hashtag #Bali menjadi trending pada Minggu (17/1/2021) petang.  Beberapa netizen mempertanyakan status visa Kristen Gray, ihwal pajak hingga menyoroti ajakan agar WNA pindah ke Bali yang dianggap tak peka terhadap kondisi ekonomi masyarakat setempat.

Cerita Kristen Gray tentang Bali beredar ke mana-mana, sampai ke telinga pemerintah juga. Pihak Imigrasi mengatakan telah menurunkan tim mengecek dokumen dan tempat tinggal WNA tersebut.

BACA JUGA:  Wakil Presiden Amerika Serikat Dinyatakan Positif Covid-19

“Terkait berita viral orang asing Kristen Gray yang ada di  di media sosial, termasuk Twitter, emang sejauh ini kami sudah menurunkan beberapa tim. Satu tim dari kantor wilayah kemudian juga dari Kantor Imigrasi Ngurah Rai,” kata Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkum HAM Bali, Eko Budianto, kepada wartawan, Senin (18/1/2021).

Imigrasi juga akan mengecek sponsor Kristen Gray. Imigrasi memastikan akan melacak alamat yang tertera. “Tim itu pertama mengecek terkait sponsor yang bersangkutan. Dan sejauh ini kami sudah hubungi sponsor tersebut. Sponsornya ada di Jakarta, tapi alamatnya benar di Bali,” ujar Eko.

“Nah ini kami akan langsung turun ke alamat tersebut kemudian untuk keberadaan atau tempat tinggal dari bersangkutan saat ini berdasarkan data di medsos yang dia posting itu ada kisaran di Nusa Dua dan anggota dari tim Imigrasi Ngurah Rai sudah turun ke lapangan. Sedangkan untuk hal-hal yang lain tentang dokumen keimigrasian dan izin tinggal yang berangkutan ini kami sedang melakukan pengecekan di data perlintasan kami. Namun sejauh ini kami belum ada informasi akurat bisa jadi kemungkinan nama yang bersangkutan bukan nama yang sebenarnya,” tambahnya.

BACA JUGA:  IMF Bilang Dunia Menghadapi Krisis di Atas Krisis

Soal ajakan Kristen Gray untuk WNA agar pindah ke Bali, Imigrasi menegaskan Indonesia masih menutup pintu bagi turis karena wabah Corona.

Imigrasi menyebut hanya mereka-mereka yang punya urusan diplomatik yang bisa memasuki wilayah RI.
“Bisa bohong atau bisa nanti maunya dia setelah dibuka terus diproses gitu. Tapi untuk saat ini nggak bisa. Saya sampaikan itu nggak bisa, saya pastikan itu nggak bisa,” tegas Eko.poll

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*