Minggu, 14 Juli, 2024

Pemkab Jembrana Serah Terima Hibah Anjungan Cerdas Rambut Siwi dari Kementrian PUPR. (Foto: M-011)

JEMBRANA,MENITINI.COM- Anjungan Cerdas Rambut Siwi yang dibangun oleh Kementerian PUPR melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR akhirnya diserahterimakan kepada Pemerintah daerah Kabupaten Jembrana.

Penyerahan aset tersebut ditandai dengan  Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Barang Milik Negara Berupa Anjungan Cerdas Rambut Siwi Antara Kementerian  Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan Pemerintah Kabupaten Jembrana.

Naskah Berita Acara Serah Terima hibah tersebut diserahkan Pejabat pada Sekretariat Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementrian PUPR, Eko Susanto yang diterima langsung oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba, di Rumah Jabatan Bupati Jembrana, kamis (20/10/2023).

Adapun hibah yang diserahkan meliputi bangunan Tanah dan/atau Bangunan  dan Jalan, Irigasi dan Jaringan Bangunan Terbuka Lainnya, Bangunan Gedung Pertemuan Permanen, Peralatan dan Mesin dengan nilai total Rp. 89.925.710.574. Dengan demikian, Anjungan Cerdas Rambut Siwi selanjutnya akan menjadi milik pemerintah daerah sekaligus bertanggung jawab untuk pemanfaatan dan pemeliharaannya.

BACA JUGA:  Bupati Giri Prasta Resmikan Gedung Serbaguna Galang Ning Urip Tumbak Bayuh, Serahkan Hibah Rp4,3 Miliar

Anjungan Cerdas Rambut Siwi sendiri sebelumnya merupakan aset pemerintah pusat yang dibangun rampung tahun 2018 yang berada diruas jalan Denpasar Gilimanuk, tepatnya depan Pura Rambutsiwi Kecamatan Mendoyo. Bangunan ini dimaksudkan  pemerintah pusat sebagai rest area multifungsi dengan berbagai fasilitas.

Usai serah terima hibah Bupati Tamba berharap asset Anjungan Cerdas Rambut Siwi menyampaikan akan memanfaatkan aset tersebut dengan sebaik-baiknya. “Tentu kita merasa bahagia karena Anjungan Cerdas Rambut Siwi yang selama ini menjadi aset pemerintah pusat sudah berhasil dihibahkan . Karena  itu , pengelolaannya saat ini bisa kita manfaatkan secara langsung untuk kepentingan masyarakat sehingga pergerakan ekonomi bisa berjalan,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan dengan telah diserahterimakan aset, berharap lebih optimal dalam pemanfaatannya kedepan. Baik itu untuk pemanfaatan kegiatan maupun fungsi lainnya.

BACA JUGA:  Persekutuan Wanita Kristen Jembrana Rayakan Paskah di Kebun Raya Jagatnatha

Kedepannya Anjungan Cerdas Rambut Siwi akan mulai dimanfaatkan dengan berbagai kegiatan.

 “Setelah ini akan mulai kita manfaatkan. Selain fungsinya sebagai rest area, saya berharap tempat ini bisa untuk penyelenggaraan   Kejuaraan Road Race. Jadi ada lintasan mengelilingi area. Ini sekaligus menjadi daya tarik wisata sekaligus mendatangkan investor,” ujarnya.

Tak menutup ketinggalan juga kata Bupati sebagai fungsi hiburan dan tempat pertunjukan dan budaya lainnya. Terlebih lagi setelah dibangun, anjungan sudah lama tidak ada kegiatan sama sekali.

“Tentu saya merasa bahagia dan akan  memanfaatkan sebaik-baiknya . Kedepan bisa kita manfaatkan  untuk kepentingan masyarakat sehingga pergerakan ekonomi disekitaran itu bisa terkelola dengan baik,” sambungnya.

Sementara, terkait kondisi beberapa kerusakan pada bangunan Anjungan Cerdas Rambut Siwi segera dilakukan perbaikan melalui Operasi Pemeliharaan Optimalisasi dan Rehabilitasi oleh pihak balai. (M-011)

  • Editor: Daton
BACA JUGA:  Setelah Bisa Menghirup Udara Bebas, Mantan Bupati Jembrana, Winasa Jogging