Senin, 24 Juni, 2024

JAKARTA,MENITINI.COM-PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk. (IDX: BBRI) kembali menghadirkan 700 UMKM terkurasi dalam pameran UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 yang akan berlangsung pada 7 hingga 10 Desember 2023 di Jakarta Convention Center.

“UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 merupakan bentuk perayaan atas ketangguhan pengusaha Indonesia dengan menyediakan platform yang dinamis bagi 700 UMKM untuk memamerkan produk mereka di panggung global, dimana 75% diantaranya adalah peserta baru,” ujar Sunarso, Direktur Utama BRI.

Tahun ini, pameran akan menghadirkan 700 UMKM terpilih dari 3.132 pendaftar di seluruh Indonesia dan 200 UMKM berbasis komunitas yang terbagi menjadi lima kategori berbeda, yakni: Home Décor & Craft, Food & Beverages, Accessories & Beauty, Fashion & Wastra, dan Healthcare/Wellness. Kriteria kurasi mencakup desain, inovasi produk, dampak sosial dan lingkungan, kemampuan ekspor, serta pencapaian dan apresiasi.

BACA JUGA:  Jadi "Venue Exhibition WWF", Masyarakat Kuta Menikmati Banyak Manfaat

“Kami mendapat pengetahuan hingga tips dan trick dalam menghadapi buyer internasional sehingga bisa dijadikan potensi sebagai pelanggan tetap,” ujar Co-Founder Havilla Tea Ajeng Respati Hapsari.

Rangkaian acara dimulai dengan sesi business matching secara virtual pada 27-29 November untuk mempertemukan pembeli dengan peserta UMKM terpilih. Para pembeli yang tertarik untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini dapat mendaftarkan diri melalui situs www.brilianpreneur.com.

Tahun lalu, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, berhasil menarik 43 pembeli dari 19 negara, menghasilkan potential deal senilai US$76,7 juta.

Selain business matching dan pameran produk UMKM, beragam kegiatan produktif juga mengisi kegiatan ini. Seperti: bazar online/offline, penghargaan UMKM, sesi konsultasi dengan perwakilan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Dalam Negeri, penampilan artis ternama, instalasi seni, live shopping di e-commerce, dan workshop dengan para ahli dalam creative labs.

BACA JUGA:  Uang Puluhan Juta Milik IRT Hilang di Rekening BRI

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 mendapat dukungan dari Kementerian Koperasi dan UKM. Lebih lanjut, BRI berkolaborasi dengan mitra e-commerce ternama – Shopee, Tokopedia, Blibli, Zalora, dan PadiUMKM. Setelah UMKM diberikan pelatihan on-boarding, BRI juga mendorong peningkatan transaksi penjualan UMKM di e-commerce melalui berbagai diskon khusus yang dapat dinikmati mulai tanggal 1-31 Desember 2023.

Selain itu, BRI juga berkolaborasi dengan Komunitas Kopi (Specialty Coffee Association Indonesia) untuk kegiatan International Championship Coffee, dimana akan ada 3 championship yang digelar yaitu : Indonesia Barista Championship, Indonesia Brewers Cup Championship, dan Indonesia Tester Cup Championship.

Berlangsung sejak 2019, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR sukses melambungkan UMKM nasional ke kancah global. Hal ini sejalan dengan komitmen BRI untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dengan berbagai aksi nyata, diantaranya memberdayakan UMKM dalam negeri yang merupakan salah satu penopang perekonomian nasional.

BACA JUGA:  Program Subsidi Bunga UMKM Belum Terealisasi, Begini Alasan Pemda Badung

“Program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR menjadi salah satu langkah konkret BRI sebagai lembaga keuangan yang turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia. BRI melihat adanya peluang besar bagi produk-produk Indonesia untuk masuk ke pasar global. Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain,” jelas Sunarso. *

  • Editor: Daton