Top Gun Tetap Memukau, Contek Tips Awet Muda Tom Cruise!

Siapa sih yang tidak kenal dengan aktor tampan Tom Cruise? Sekian lama malang melintang dalam industri Hollywood, kualitas Tom tidak perlu diragukan. Apalagi setelah tampil memukau dalam Top Gun Maverick yang sedang tayang di bioskop.
Rahasia awet muda Tom Cruise sang Maverick - Paramount Plus

DENPASAR, MENITINI.COM – Siapa sih yang tidak kenal dengan aktor tampan Tom Cruise? Sekian lama malang melintang dalam industri Hollywood, kualitas Tom tidak perlu diragukan. Apalagi setelah tampil memukau dalam Top Gun Maverick yang sedang tayang di bioskop. Tidak ada yang bakal menyangka, si tampan ini hampir memasuki kepala 6 lho! Sedikit kilas balik, Maverick muncul setelah 36 tahun sejak sekuel terakhir. Tidak terasa ya gara-gara penampilan Tom Cruise yang tidak menua sejak awal sekuel.

Ya, kalau kita tengok sekitar kita, rata-rata pria usia sebaya Tom Cruise mungkin sudah pada melebar dan membuncit. Jangankan olahraga, mungkin mengatur pola makan saja sudah tak terpikir. Bapak-bapak tolong jangan tersinggung, apalagi kalau istri termasuk salah satu penggemar Tom Cruise. Jadikan ini sebagai motivasi untuk tetap tampil fit dan atletis meski usia terus bertambah. Apa saja sih yang Tom lakukan sampai bisa menolak tua dan terlihat sebaya dengan pemeran Top Gun yang baru? Mari simak beberapa tips berikut!

Kunci Awet Muda

Kunci awet muda yang Tom anut tidak jauh-jauh dari kombinasi diet dan olahraga yang ketat. Namun, yang paling utama adalah komitmennya yang kuat untuk tetap sehat bugar. Beberapa orang mungkin menganggap gaya hidup sehatnya agak ekstrem, tetapi ia bertekad untuk tetap dapat berakting secara paripurna. Tentunya akting paripurna dalam film aksi menuntut kebugaran fisik yang prima. Bahkan Tom memiliki sumpah untuk tetap komit pada gaya hidupnya. Menurutnya, gaya hidup sehat tidak harus dengan beban olahraga yang tinggi namun konsisten.

Diet ala Tom Cruise

Tom lebih suka makan makanan panggang. Ia sengaja menghindari segala sesuatu yang digoreng. Alasannya, olahan goreng dapat menyebabkan makanan kehilangan nutrisi dan juga menyebabkan peradangan dalam tubuh. Diet sehat untuk orang berusia 50 tahun keatas harus mencakup gandum, berry, Salmon, minyak zaitun, bayam, serta makanan kaya antioksidan. Tom Cruise juga tidak mengkonsumsi karbohidrat lho! Dalam sehari, ia melakukan restriksi 1200 kalori tanpa karbo. Hal ini berdasarkan bahwa karbohidrat dapat menyebabkan insulin meningkat sehingga merangsang penuaan lebih cepat. Hayo, bapak-bapak yang masih hobi makan nasi bisa belajar dari sini ya! Bisa juga pelan-pelan mengganti dengan alternatif lebih sehat seperti couscous.

BACA JUGA:  Satgas Minta Pertahankan Kurva yang Sudah Landai dengan Disiplin Prokes agar Terhindar Gelombang III

Diet sehat bukan berarti berhenti makan camilan. Cruise juga menyukai camilan sehat. Dengan jadwal yang padat, ia menekan rasa lapar dengan camilan sehat. Kru yang menanganinya selama syuting biasa menyediakan kacang-kacangan dan berry. Jika sulit tersedia, ia bahkan tidak segan memboyong kokinya untuk menyediakan makanan sehat untuk seluruh kru, lho! Komit banget ya. Masih seputar makanan ringan, gula adalah pantangan terbesar. Serupa dengan karbohidrat, gula memicu peradangan tingkat seluler dan dapat membuat Anda mengalami penuaan dini. Buktinya saat mendapat kiriman kue dari James Cordon, ia malah menolak dengan halus.

Rutinitas Olahraga Tom Cruise

Mungkin bagi sebagian besar, olahraga berat adalah kunci. Eits, ternyata menurut Cruise, tetap aktif melalui kegiatan outdoor malah menjadi kuncinya. Ia menyukai aktivitas olahraga bervariasi yang melibatkan kardio dan strength. Permainan atletik dan kegiatan outdoor memberikan perpaduan yang ideal serta bagus untuk tetap termotivasi. Berikut kombinasi rutinitas hariannya dalam seminggu:

Hari 1 untuk Upper Body

Peregangan, 10 menit jalan kaki (pemanasan), Bench Press, Kickback Dumbbell, Dumbbell Shoulder Press, Incline Press, Seated Dumbell Shoulder Front Rise, Seated Dumbbell Tricep Overhead Extension, dan Cable Chest Flys masing-masing 3 set.

BACA JUGA:  Menuju Tatanan Hidup Bali Era Baru, Begini Persiapan Royal Palace Infotainment

Hari 2 untuk Aktivitas Outdoor

Pilih aktivitas sesuai hobi Anda. Untuk Cruise, ia menyukai kayak, anggar, panjat tebing, hiking, jogging, dan lari. Anda juga bisa memasukkan dan menyesuaikan dengan aktivitas outdoor favorit Anda.

Hari 3 untuk Shoulder and Back

Peregangan, 10 menit jalan kaki (pemanasan), Deadlift, Preacher Curls, Barbell Shrugs, Seated Dumbbell Hammer Curls, Lateral Pulldowns, Cable Rows, Cable Shrugs masing-masing 3 set. Untuk Deadlift, pastikan menggunakan beban bertahap yang aman sesuai kapasitas Anda.

Hari 4 untuk Aktivitas Outdoor

Mirip dengan hari kedua, namun usahakan untuk memilih aktivitas berbeda dengan hari sebelumnya. Anda bisa juga melakukan pergantian variasi tiap minggu sesuai dengan target kebugaran.

Hari 5 untuk Lower Body

Peregangan, 10 menit jalan kaki (pemanasan), Squats, Weighted Lunges, Leg Press, Cable Pull-throughs, Hamstring Curl Machine, Quads Extension Machine dan Calf Raises masing-masing 3 set. Sebagai variasi beban, Anda dapat menggunakan Kettlebell yang dapat menyasar lebih banyak otot.

Istirahat atau Active Recovery hari 6 dan 7

Sesuaikan dengan kapasitas kebugaran dan perhatikan respon tubuh Anda. Jangan segan memberi istirahat yang cukup. Namun jika Anda sulit berdiam diri, tambahkan aktivitas ringan untuk active recovery. Tidak perlu susah-susah, membantu istri mengerjakan pekerjaan rumah tangga bisa menjadi solusi.

Terlihat sederhana ya? Memang bagi Cruise siapa saja bisa mempraktekkan trik yang ia jalani. Sayangnya, sedikit sekali orang yang tahan dengan komitmen untuk hidup sehat. Jadi, gimana nih bapak-bapak? Sudah siap komitmen dengan gaya hidup sehat? Hitung-hitung awet muda juga membahagiakan istri lho! (M-010)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*