Rabu, 29 Mei, 2024
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Kemenparekraf)

DENPASAR,MENITINI.COM-Pariwisata merupakan salah satu sektor yang memegang peranan penting dalam menunjang perkembangan perekonomian di tanah air di masa mendatang.

Mobilisasi perjalanan manusia untuk menyaksikan potensi wisata di beberapa negara di dunia kedepan,  diyakini semakin ramai, seiring makin membaik ekonomi di sejumlah negara.  

“Peluang kerja sektor pariwisata di Indonesia tahun 2024 mencapai 4,4 juta orang,” kata  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno, saat penutupan Job Fair Poltekpar Bali 2023, di Nusa Dua, Jumat (6/10)

Wisatawan dari sejumlah negara maju di dunia yang melakukan perjalanan wisata untuk menyaksikan potensi wisata ke Indonesia setelah Covid-19 semakin meningkat jumlahnya.  

“Para turis mancanegara yang menikmati waktu liburannya di Indonesia sejak awal tahun diperkirakan mencapai sebelas juta orang,” kata Menteri Sandi tanpa menyebut angka yang pasti..

BACA JUGA:  Jelang Gelaran WWF, Menparekraf Undang Stakeholder Pariwisata Bali Bahas Isu Pariwisata Terkini

Ia menjelaskan, peluang tenaga kerja sebanyak  4,4 juta orang tersebut adalah memenuhi kebutuhan tenaga kerja profesional yang meliputi bidang perhotelan, biro perjalanan wisata, destinasi pariwisata, dan termasuk event organizer.

Kebutuhan tenaga kerja bidang pelayanan terhadap wisatawan mancanegara yang menikmati berbagai potensi wisata yang tersebar di sejumlah pulau di Indonesia, termasuk Bali.

Sementara itu, Direktur Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali, Ida Bagus Putu Puja mengemukakan kegiatan Job Fair yang berlangsung setiap tahun sekali tersebut untuk tahun 2023 atau yang ke-14 ini diikuti sebanyak  30 exhibitor.

“Sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata yang ikut ambil bagian dalam kegiatan Job Fair tahun 2023 ini diantaranya yang berbgerak di bidang Kapal Pesiar seperti CTI Group dan PT. Bali Paradise,” kata Ida Bagus Putu Puja sembari menjelaskan menyusul perusahaan yang bergerak mengembangkan program J1 adalah Rising Experience dan NIEC. Serta Event Gm Pro dan  Triple E.

BACA JUGA:  Gaet  Kunjungan Wisatawan The Nusa Dua Gelar Festival Februari Semarak Cinta

Selain itu, ia menambahkan, bidang perhotelan diantaranya Hotel Allila Villas Uluwatu, Mercure Bali Nusa Dua, White Rock Nusa Dua, Cicada Luxury Resort Ubud, Desa Potato Head, The Mulia Resort & Villas Nusa Dua Bali, Renaissance Bali Uluwatu, Atlas Beach Fest. Disusl Hyatt Regency Bali and Andaza Bali, GWK, Conrad Hotel, IHC Apurva Kompenski Jakarta, Karma Kandara Resort, The Nest Hotel Bali, Jumana Bali Ungasan Resort.  Travel Bali staff Solutions, Sensorial Management Goup (SMG), Placement International Indonesia

“Kegiatan Job Fair Poltekpar Bali tahun 2023 ini, dengan tema “Exploring Tourism Career’s : Discover a Wide Range of Job Opportunities in The Dynamic Tourism Industry”, tersebut dikunjungi 3500 orang lebih selama dua hari,” ucapnya.  

BACA JUGA:  Empat Tren Pariwisata 2024, Bleisure Diprediksi akan Terus Tumbuh

Kegiatan Job Fair yang berlangsung selama dua hari Kamis dan Jumat (5-6/10) 2023 tersebut dibuka Sekreteris Kemenparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani dan ditutup oleh Menteri Sandiaga Salahudin Uno, dihadiri segenap civitas akademika Poltekpar Bali. (M-003)