Sering Pegal-pegal? Tambahkan 7 Olahraga ini Dalam Rutinitas!

Rekomendasi aktivitas fisik anti pegal - pexels
Rekomendasi aktivitas fisik anti pegal - pexels

DENPASAR, MENITINI.COM – Jika Anda menderita pegal-pegal, Anda tahu bahwa olahraga itu baik untuk Anda. Tetapi menemukan waktu, energi, dan motivasi untuk benar-benar bergerak merupakan kendala klasik yang menyulitkan. Di sisi lain, penelitian menunjukkan, orang yang rentan pegal-pegalyang berolahraga memiliki potensi berkembang menjadi nyeri lebih minimal dibanding yang tidak berolahraga. Bonusnya, olahraga dapat membantu meningkatkan mood, fungsi sendi, mencegah hilangnya massa otot dan kelemahan.

Redaksi sudah mengumpulkan beberapa jenis olahraga bagi Anda yang sering tersiksa dengan rasa pegal. Berikut adalah 7 aktivitas fisik rekomendasi untuk penderita pegal.

7 Rekomendasi Aktivitas Fisik untuk Penderita Pegal

Hidroterapi

Orang dengan keluhan pegal menunjukkan peningkatan kesehatan yang lebih besar setelah berpartisipasi dalam hidroterapi. Terutama jika sesi hidroterapi dalam air yang hangat.Studi menunjukkan bahwa orang dengan pegal-pegal yang berpartisipasi dalam hidroterapi memiliki lebih sedikit rasa sakit dan nyeri sendi. Hidroterapi juga meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan keseluruhan. Contohnya adalah berenang dalam air hangat, aerobik air dan watsu.

BACA JUGA:  Pelatih UEA Puji Kualitas Tiga Pemain U-17 Indonesia

Tai Chi

Tai chi adalah seni bela diri tradisional Tiongkok yang menggabungkan gerakan lambat dan lembut dengan fokus mental. Latihan ini meningkatkan fungsi dan fleksibilitas otot serta mengurangi tingkat nyeri dan stres. Sebuah studi melaporkan akan timbul perasaan nyaman dan lebih baik setelah berlatih tai chi. Seseorang cenderung menghadapi rasa pegal dan nyeri dalam perspektif berbeda.

Bersepeda

Jika Anda sering pegal-pegal, aktivitas cardio yang memompa jantung Anda menjadi sangat penting. Alasannya karena mereka memiliki risiko lebih tinggi untuk penyakit kardiovaskular dan komplikasi. Bersepeda adalah latihan yang sangat baik dan low-impact yang tidak membebani persendian daripada latihan aerobik lainnya. Bersepeda membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan kaki, dan mengurangi kekakuan di pagi hari. Anda dapat bersepeda di luar, bergabung dengan grup bersepeda, atau menggunakan sepeda stasioner di gym atau di rumah Anda.

Berjalan

Berjalan santai mungkin terdengar terlalu sederhana, tetapi ini adalah salah satu bentuk olahraga yang paling mudah dan nyaman. Selain meningkatkan detak jantung, jalan kaki dapat mengendurkan persendian dan membantu mengurangi keluhan pegal dan nyeri. Penelitian telah menemukan bahwa hanya 30 menit berjalan kaki sehari dapat meningkatkan suasana hati Anda juga. Cuaca bukanlah halangan, Anda dapat beralih ke treadmill sebagai gantinya.

BACA JUGA:  Benamkan Villarreal 2-0, Liverpool Berpeluang Melaju ke Partai Final

Yoga

Yoga, yang menggabungkan postur dengan pernapasan dan relaksasi, juga membantu memperbaiki gejala RA. Studi menunjukkan bahwa dengan berlatih yoga, seseorang mengalami peningkatan toleransi nyeri dan suasana hati. Akhirnya, keluhan pegal dan nyeri persendian jauh berkurang secara signifikan dibandingkan sebelum berlatih yoga. Poin plusnya, yoga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak sehingga meminimalkan potensi cedera.

Aktivitas Stretching

Stretching tidak melulu harus terpaku pada olahraga tertentu. Aktivitas stretching  harus mencakup otot-otot lengan, punggung, pinggul, bagian depan dan belakang paha, serta betis. Ahli menyarankan stretching pertama di pagi hari, saat istirahat makan siang, atau lakukan peregangan di kantor selama beberapa menit terutama jika Anda lama dalam posisi duduk.

BACA JUGA:  Studi ini Sebut Minum Teh Setiap Hari Turunkan Risiko Diabetes

Angkat Beban / Latihan Beban

Angkat beban atau latihan beban dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kekuatan otot. Konsepnya bukan seperti olahragawan elit ya. Latihan beban dengan moderasi dapat membuat otot lebih kuat menopang sendi sehingga aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah. Cobalah mengangkat beban 2-3 kali seminggu. Tidak hanya beban, Anda bisa menggunakan berat badan sebagai beban melalui latihan resistensi, selama tidak ada keluhan nyeri.

Jangan Lupa Konsistensi dan Moderasi

Aktivitas fisik apapun yang Anda pilih, yang penting adalah terus melakukannya. Tanpa konsistensi, hasil tentu tidak maksimal dan keluhan terus menetap. Beberapa hari Andamungkin lebih pegal dari hari lainnya, apalagi pada wanita yang mendekati siklus menstruasi. Berolahragalah dengan moderasi sesuai kondisi Anda yang memungkinkan. Atur intensitas yang lebih sedikit atau cobalah jenis olahraga yang berbeda. Pastikan Anda tidak malah menjadi pasif karena keadaan. Yuk biasakan tetap aktif anti pegal sejak dini! (M-010)