Minggu, 26 Mei, 2024

Kepala Biro Pembinaan Operasi (Karobinops) Sops Polri, Brigjen Pol Auliansyah Lubis. (Foto: Humas Polri)

JAKARTA,MENITINI.COM-Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melakukan pengamanan melekat di lokasi penginapan para delegasi World Water Forum ke-10 di Bali yang akan digelar pada 18-25 Mei 2024.

“Dari pendataan kami dan laporan dari satgas yang membawahi masalah akomodasi, sebanyak 11 hotel yang akan menjadi tempat menginap para delegasi. Baik itu delegasi tingkat presiden atau kepala negara ataupun setingkat dengan VIP atau delegasi lainnya,” kata Kepala Biro Pembinaan Operasi (Karobinops) Sops Polri, Brigjen Pol Auliansyah Lubis dalam konferensi pers Persiapan Keamanan Jelang World Water Forum Ke-10, Senin (13/5/2024).

Selain itu, Polri pun telah meyiapkan 12 bit rute pengawalan arus lalu lintas untuk delegasi VVIP dan VIP.

“Bit ini kami buat untuk mempermudah melakukan pengecekan kepada personel dan membackup rute-rute perjalanan para delegasi, baik dari akomodasi hotel menuju ke tempat acara ataupun dari hotel menuju ke tempat field trip nantinya,” terang dia.

BACA JUGA:  Polri Gagalkan Penyelunduan 91 Ribu Benih Lobster ke Luar Negeri

Ia mencontohkan seperti bit 1 akan dimulai dari Simpang Radar sampai Hotel Patra Bali akan tergelar sebanyak 367 personil.

Dalam hal ini, para personil akan saling berkoordinasi untuk memberikan pengawalan dalam memperlancar arus lalu lintas para delegasi.

“Khusus untuk pengamanan rute itu akan tergelar sebanyak 1.950 personel. Jadi 1.950 personel akan tergelar yang terdiri dari 12 bit,” ujar dia.

Polri pun menyediakan 91 Command Center ITDC di Nusa Dua, Bali yang dilengkapi dengan berbagai peralatan, teknologi, serta sistem yang ada.

Termasuk memonitor seluruh CCTV yang ada di jalan, info cuaca BMKG, aplikasi pasang surut air, monitor kecepatan angin, flight radar, dan traffic marine.

BACA JUGA:  Pantau Pengamanan WWF, Polri Dirikan Posko Command Center 91

Kemudian, terang dia, para personel pengamanan rute dan di lokasi event juga dibekali dengan body warm.

“Jadi kita di command center bisa langsung melihat situasi update kondisi sekarang,” kata dia.

Diketahui, Polri akan menggelar Operasi Puri Agung 2024 akan dilaksanakan selama 10 hari dari 17 hingga 26 Mei 2024.

Dalam Operasi Puri Agung 2024, Polri mengerahkan sebanyak 5.791 personel, dengan rincian dari Mabes Polri 2.428 personel, Polda Bali 2.706 personel, Polda Jatim 300 personel, dan Polda NTB 300 personel.

Beberapa satgas yang dibentuk di antaranya satgas preemtif, satgas preventif, satgas walrolakir, satgas gakkum, satgas tindak, dan satgas anti teror, satgas humas dan satgas bantuan operasi. (Sumber: Humas Polri)

BACA JUGA:  Jokowi Resmi Buka WWF ke-10 di Nusa Dua

TERKAIT