Sabtu, 18 Mei, 2024

Foto : Aparat Kepolisian dari Polres Lobar saat melakukan pengamanan di Pelabuhan Lembar. (Foto: Istimewa)

MATARAM, MENITINI.COM- Mendukung kelancaran dan keamanan pelaksanaan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, Kepolisian Resor Lombok Barat (Polres Lobar) menggelar kegiatan Imbangan Operasi Kepolisian (Ops Kepolisian) “Puri Agung– 2024”.

Operasi ini akan berlangsung selama 10 hari, mulai dari tanggal 17 hingga 26 Mei 2024.

Kapolres Lobar, AKBP Bagus Nyoman Gede Junaedi menjelaskan Kegiatan Imbangan Operasi Puri Agung– 2024 ini bertujuan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Lobar, khususnya di beberapa titik pelabuhan yang berpotensi menjadi akses langsung ke Bali.

“Operasi ini merupakan kegiatan imbangan dalam rangka pemeliharaan kamtibmas untuk menjamin keamanan dalam pelaksanaan penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ke-10 di Provinsi Bali,” kata Kapolres Lobar, Jumat (10/5).

BACA JUGA:  Selamat Datang Delegasi WWF Ke-10 di Kawasan Wisata The Nusa Dua

Lebih lanjut, Bagus menjelaskan strategi utama dalam operasi ini adalah mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, seperti patroli,

Pemeriksaan, dan imbauan kepada masyarakat. “Selain itu, kami juga membangun 2 pos pengamanan, yaitu Pos Pengamanan Pelabuhan Lembar dan Pos Pengamanan Pelabuhan Gili Mas Lembar. Serta menempatkan personel pengamanan di Pelabuhan Senggigi,” tambahnya.

Dia juga menekankan kepada seluruh jajarannya untuk mendukung kegiatan ini dengan maksimal. Salah satunya adalah menekankan kepada jajarannya melaksanakan Kegiatan Rutin yang ditingkatkan di wilayah masing-masing.

“Saya harap seluruh jajaran dapat bersinergi dan bekerja sama dengan baik dalam mendukung kelancaran dan keamanan pelaksanaan World Water Forum ke-10 di Bali,” tegasnya.

Selain pengamanan di tiga lokasi utama, beberapa pelabuhan lain di Lobar juga mendapat perhatian menjelang pelaksanaan World Water Forum ke-10.

BACA JUGA:  Rekrut CPMI Ilegal ke Australia, Artis Jebolan KDI Asal Lombok Ditetapkan Tersangka TPPO

Pelabuhan-pelabuhan tersebut antara lain, Pelabuhan Gili Nangu– Sekotong, Pelabuhan Tawun-Sekotong Bangko-Bangko-Nusa Penida, Tembowong Sekotong, Pelabuhan Cemara–Lembar, dan Pelabuhan Teluk Sepi Buwun Mas Sekotong.

“Semua pelabuhan ini juga berpotensi memiliki akses langsung ke Bali, sehingga perlu mendapat pengawasan ketat,” kata Kapolres Lobar.

Dengan terjaganya Kamtibmas di Wilayah Hukum Polres Lobar, diharapkan mendukung kelancaran pelaksanaan Operasi Puri Agung– 2024 ini, selama pelaksanaan World Water Forum ke-10 di Bali. (*)