Polda Maluku Imbau Warga, Tetap Menjaga Kamtibmas Jelang Pemilu

AMBON, MENITINI.COM-Polisi Daerah (Polda) Maluku mengimbau warga masyarakat agar waspadai berita-berita tidak benar dan ujaran kebencian, jelang Pemilu 2024.

Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Drs. Mohammad Roem Ohoirat, kepada wartawan di Ambon, Kamis (4/1/2024).

Polda Maluku terus mengimbau masyarakat dan mengajak mereka untuk bersama-sama menjaga kondusifitas kamtibmas jelang Pemilu tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Berbagai langkah yang diambil, salah satunya kata Ohoirat, melalui Satgas Preemtif Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku baik secara langsung menyapa warga maupun dengan membagikan brosur himbauan kamtibmas.

“Operasi Mantapi Brata dilakukan secara intens, sejak hari ini, Kamis 4 Januari 2024. Sosialiasi Kamtibmas dan pembagian brosur dilakukan di sejumlah tempat di kota Ambon. Seperti di Halte Pattimura dan Jalan Diponegoro Kecamatan Sirimau, serta Pasar Gudang Arang Kecamatan Nusaniwe Ambon,” ujar Ohoirat.

BACA JUGA:  TNI-Polri di Lamongan Kawal Penyerahan Kembali Logistik Pemilu

Harapannya Pemilu 2024 yang telah di tahap kampanye ini bisa aman dan lancar. Kepada masyarakat, kata Ohoirat, personil Polda Maluku dan jajaran juga menghimbau untuk dapat bersama mendukung pemilu damai, saling menghormati, menjunjung tinggi toleransi dalam merawat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Dengan mengajak warga untuk mewaspadai berita hoax dan hate speech jelang pemilu 2024. Warga juga diminta untuk mematuhi aturan yang berlaku dan tidak melakukan perbuatan perbuatan yang melawan hukum,” pintanya. 

Warga juga diminta untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif sehingga pemilu yang adil dan jujur bisa terlaksana dengan baik. Termasuk menghindari politik identitas, politisasi agama, polarisasi mayarakat, serta tidak mengkonsumsi minuman keras yang dapat berakibat mengganggu kamtibmas.

BACA JUGA:   Dharma Wanita Persatuan Jembrana, Lombakan Nasi Tumpeng dan Vas Toga

“Berbeda pilihan hendaknya disikapi dengan bijak, siapapun calonnya, apapun partainya, kita tetap harus menjaga situasi kamtibmas yang kondusif,” harap Ohoirat.

Hingga saat ini situasi kamtibmas secara umum dalam keadaan aman dan kondusif. “Kami juga harapkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan Pemilu agar berjalan aman, sejuk dan damai,” imbuh Ohoirat. (M- 009)

  • Editor: Daton