Pengusaha Minta Pemerintah Buka Peluang Swasta Jual Avtur

Avtur Pertamina untuk pesawat
Avtur Pertamina untuk pesawat

JAKARTA, MENITINI.COM – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) meminta pemerintah untuk membuka ruang bagi pihak swasta agar bisa ikut menjual avtur. Hal ini agar harga avtur di Indonesia bisa lebih kompetitif.

Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani mengatakan, jika memang harga avtur yang dinilai mahal ini membuat harga tiket pesawat naik, lebih baik penjualan avtur tidak hanya dilakukan oleh Pertamina, tetapi juga oleh badan usaha BBM swasta. “Kami usulkan kepada Presiden kalau memang harga avtur lebih mahal, ya dibuka saja kompetisi. Tidak hanya Pertamina yang boleh jual avtur. Untuk menjawab masalah,” katanya di Kantor Apindo, Jakarta, Rabu (13/2).

Jika memang dinilai harga avtur Pertamina sudah kompetitif, lanjut Hariyadi, pemerintah harus mencari tahu masalah lain yang menyebabkan harga tiket pesawat mengalami kenaikan. ‎ “Kalau memang Pertamina bilang harganya kompetitif, bicarakan masalahnya, berarti di airlines dong. Nah kenapa airlines bisa begitu. Airlines bilang 40 persen dari struktur cost-nya itu avtur, mereka katanya bayarnya lebih mahal. Meski kita tahu avtur di Indonesia juga mengandung PPN,” kata dia.

BACA JUGA:  IPRO Dorong Sinergi Tata Kelola Sampah Kemasan

Hariyadi juga tidak menutup kemungkinan jika kenaikan harga tiket pesawat yang ramai dibicarakan belakang ini bukan hanya disebabkan oleh harga avtur, tetapi adanya pengatur dari maskapai mengingat saat ini hanya ada dua maskapai yang menjadi pemain besar di Indonesia. “Tetapi dengan di Indonesia hanya ada dua pemain besar, mereka sama-sama mengatur harga, kita jadi menduga jangan-jangan ada kartel yang mengatur harga. Dan agak anehnya pada saat low season ini kok malah naik harga (tiket). Atau jangan-jangan ini memang test case, kalau masyarakat tidak ribut ya itu harga yang terjadi,” ujar dia. poll

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*