Pelayanan Bea Cukai Ngurah Rai Saat ini sudah Full ECD

Simulasi dan pengumuman hasil pelayanan di Bea Cukai Ngurah Rai Bali full ECD
Simulasi dan pengumuman hasil pelayanan di Bea Cukai Ngurah Rai Bali full ECD. (fOTO: M-011)

DENPASAR, MENITINI.COM-Bea Cukai Ngurah Rai umumkan implementasi penuh Electronic Customs Declaration (ECD) sebagai layanan utama bagi penumpang internasional yang mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Sesuai Keputusan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor KEP-176/BC/2022, Bea Cukai Ngurah Rai ditetapkan sebagai salah satu kantor Bea Cukai yang menerapkan penuh Modul Impor Barang Bawaan Penumpang atau yang akrab disebut Electronic Customs Declaration (e-CD) mulai 1 November 2022.

Kepala Kantor Bea Cukai Ngurah Rai, Mira Puspita Dewi menyatakan kesiapan seluruh jajarannya dalam implementasi penuh e-CD ini. “e-CD ini telah kami lakukan piloting sejak 6 Oktober lalu dengan pendampingan, monitoring, dan evaluasi intensif untuk kesiapan implentasi penuh, dan saat ini saya nyatakan bahwa kami, Bea Cukai Ngurah Rai siap mengimplementasikan penuh e-CD bagi para penumpang internasional yang tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai,” ungkap Mira.

BACA JUGA:  Kecelakaan Beruntun di Jalur Shortcut, Sopir Mobil Box Diduga Melaju Kecepatan Tinggi

Lebih lanjut Mira menyatakan bahwa penggunaan e-CD pada Bandara I Gusti Ngurah Rai ini selain paperless juga dapat memberikan kecepatan proses customs clearance bagi penumpang internasional. “e-CD ini didesain untuk meningkatkan pelayanan barang bawaan penumpang yang lebih akuntabel, modern, dan andal, sehingga selain paperless, e-CD dapat mempercepat proses customs clearance bagi penumpang internasional. Sistem ini dapat diisi sejak 2 (dua) hari sebelum tanggal kedatangan, sehingga dapat dimanfaatkan oleh penumpang, yang nantinya kami harapkan dapat memberikan dukungan nyata dalam upaya bangkitnya dunia pariwisata Bali.” lanjutnya.

Dalam keterangannya terpisah, Kepala Kantor Wilayah DJBC Bali, NTB, dan NTT, Susila Brata menyampaikan dukunganya dalam implementasi e-CD pada Bandara I Gusti Ngurah Rai. “Kami di Kantor Wilayah DJBC Bali, NTB, dan NTT bergerak satu tujuan dengan Bea Cukai Ngurah Rai dalam upaya pemulihan ekonomi nasional di Bali melalui dunia pariwisata. Untuk itu, pada penerapan e-CD di Bandara I Gusti Ngurah Rai ini, kami siap memberikan dukungan dan ikut memonitor implementasinya. Kami pastikan para calon wisatawan internasional yang akan masuk Bali merasakan kemudahan dan kecepatan proses customs clearance dengan e-CD.” ucap Susila.

BACA JUGA:  Diduga Mabuk, Pria Ini Tabrak Pembatas Jalan di Batumerah

Penumpang internasional yang akan tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai dapat mengisi e-CD sejak 2 (dua) hari sebelum kedatangan, dengan mengakses laman ecd.beacukai.go.id. M-006