Pasca Bentrok, Polda Maluku Sebut Keamanan dan Aktivitas Masyarakat di Kota Tual Telah Normal

Kepala Bidang Humas Polda Maluku, Kombes Pol Drs. Mohamad Roem Ohoirat.
Kepala Bidang Humas Polda Maluku, Kombes Pol Drs. Mohamad Roem Ohoirat. (Foto: Istimewa)

AMBON, MENITINI.COM-Polda Maluku memastikan situasi kemamanan di Kota Tual telah kondusif setelah bentrok warga yang sempat terjadi di wilayah itu.

“Sekarang situasi kemanan sudah kembali kondusif, sudah normal seperti biasa, sudah aman,” kata Kepala Bidang Humas Polda Maluku Kombes Pol Roem Ohoirat kepada wartawan, Jumat (3/2/2023).

Menurut mantan Kapolres Malra ini, aktivitas warga di Kota Tual sudah berjalan seperti biasa. Personel keamanan juga telah membersihkan jalan dari blokade yang dibuat warga.

“Aktivitas masyarakat di Tual sudah normal seperti biasa, jalan sudah bersih tidak ada lagi blokade, jadi sudah sangat kondusif,” katanya.

Aktivitas ekonomi juga mulai terlihat setelah para pedagang kembali membuka toko di pasar. Para pedagang yang sebelumnya takut kini telah beraktivitas seperti biasa.

BACA JUGA:  Polda Berhasil Menggerebek 6 Lokasi Judi dan Menangkap 6 Pelaku

“Pasar juga sudah buka kembali, jalan sudah normal, jadi mari kita semua menjaga dengan baik situasi yang udah sangat baik ini,” imbuhnya.

Advertisements

Untuk memastikan kondisi keamanan di wilayah itu kembali normal, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif dan Pangdam XVI Pattimura sedang berada di Kota Tual.

“Bapak kapolda dan Pangdam juga saat ini sedang di Tual,” ujar Ohoirat.

Dikonfirmasi secara terpisah, Wali Kota Tual Adam Rahayaan menegaskan, situasi kemamanan Kota Tual sudah kembali kondusif. “Sudah aman, semua sudah normal kembali,” kata Adam.

Dia juga memastikan aktivitas perekonomian yang sempat lumpuh saat bentrok telah normal kembali, tutupnya.

Sebelumnya, dua kelompok warga di Kota Tual, Maluku, terlibat bentrokan pada Selasa (31/1/2023) malam hingga Rabu (1/2/2023) pagi. Akibat bentrokan itu, 33 orang warga terluka dan sejumlah rumah dibakar massa. (M-009).

  • Editor: Daton