‘Naga Putih’ Setinggi 632 Meter Tawarkan Sensasi menantang

jembatan kaca naga putih vietnam
jembatan kaca naga putih Vietnam. (foto: AFP)

JAKARTA,MENITINI.COM- Jembatan setinggi 150 meter dan Panjang 632 meter di Vietnam ini terbuat dari kaca, menawarkan sensasi menantang bagi wisatawan.

Dilansir Reuters, Selasa (31/05/2022),  jembatan gantung tersebut itu bernama Bach Long atau yang dapat diterjemahkan sebagai “Naga Putih”. Jembatan ini berada di provinsi Son La, barat laut ibu kota, Hanoi, dan berbatasan dengan Laos.

“Saya tidak berani melihat ke bawah karena saya takut ketinggian,” kata salah satu pengunjung, Vi Thi Thu, yang memberanikan diri berjalan di jembatan itu setelah pembukaan resmi pada Sabtu (28/5) lalu.
Kaca yang digunakan untuk jembatan memiliki tiga lapisan, masing-masing setebal 40mm, dan dapat menampung hingga 450 orang sekaligus, menurut pernyataan dari pemilik fasilitas.

Jembatan ini memiliki panjang 290 meter di antara dua puncak di kedua sisi ngarai serta ditambah jalur sepanjang 342 meter di sisi tebing sehingga total panjangnya menjadi 632 meter.

Sebelumnya, Guinness World Records mendaftarkan jembatan berlantai kaca sepanjang 562 meter di Qingyuan, provinsi Guangdong, China, sebagai yang terpanjang di dunia.

“Ada teknik tertentu yang diperlukan untuk membangun jembatan itu ke sisi tebing namun untuk mempertahankan semua unsur alam, kehijauan, bebatuan, itu merupakan proyek yang luar biasa,” kata perwakilan dari Guinness World Record Glen Pollard yang menghadiri upacara pembukaan.

BACA JUGA:  Obama dan Michelle Melancong ke Hawai Habiskan Rp12,5 Miliar

World Record Association (WRA), juga badan sertifikasi rekor, telah mendaftarkan jembatan Bach Long sepanjang 632 meter itu sebagai jembatan terpanjang di dunia.

Pengunjung lain pada acara pembukaan mengatakan dia dengan cepat dapat mengatasi rasa gugup saat berjalan di jembatan. “Awalnya membuat Anda panik, tetapi kemudian jika Anda berjalan di sekitar 10 panel kaca, perasaan itu hilang,” kata Tran Xuan Tinh.

Sumber: Antaranews

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*