Rabu, 29 Mei, 2024

CEO Microsoft, Satya Nadella, berbicara di Microsoft Ignite 2023. (Foto: Istimewa)

JAKARTA,MENITINI.COM– Mendekati penghujung tahun 2023, hampir semua industri tengah bertransformasi – menemukan berbagai cara kerja baru berkat kemajuan AI.

Microsoft Ignite merupakan sebuah ajang yang memperkenalkan berbagai kemajuan teknologi, dengan tujuan membantu pelanggan, mitra, dan developer dalam memaksimalkan nilai teknologi Microsoft, serta mendefinisikan kembali cara kita kerja.

Tahun ini, terdapat indikasi kuat seputar potensi AI untuk mengubah cara kerja, seperti yang disampaikan dalam Work Trend Index terbaru Microsoft. Delapan bulan lalu, memperkenalkan Copilot untuk Microsoft 365 dengan tujuan mengurangi digital debt dan meningkatkan produktivitas, sehingga setiap orang dapat fokus pada pekerjaan yang benar-benar memerlukan sentuhan manusia. Yang menjadi pertanyaan banyak orang sekarang: Akankah Copilot benar-benar mengubah cara kerja, dan bagaimana caranya?

Hasil penelitian Microsoft, yang mengombinasikan sejumlah survei dan eksperimen, menunjukkan bahwa peningkatan produktivitas ini nyata adanya:

  • 70% pengguna Copilot menyatakan bahwa mereka merasa lebih produktif dan 68% mengatakan Copilot meningkatkan kualitas pekerjaan mereka; 68% juga merasa bahwa Copilot membantu memulai proses kreatif mereka.
  • Secara keseluruhan, pengguna menjadi 29% lebih cepat dalam menyelesaikan tugas-tugas tertentu seperti mencari informasi, menulis, dan merangkum.
  • Pengguna dapat mengejar rapat yang mereka lewatkan hingga 4 kali lebih cepat.
  • Sebanyak 64% pengguna mengatakan Copilot membantu mereka menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mengelola email.
  • Sebanyak 87% pengguna merasa Copilot memudahkan mereka untuk mulai mengerjakan draft pertama.
  • 75% pengguna menyatakan Copilot “menghemat waktu dengan menemukan apapun yang mereka butuhkan di dalam file-file mereka”.
  • 77% pengguna merasa bahwa setelah mencoba Copilot, mereka tidak ingin melepaskannya.

Hari ini, kami membagikan sekitar 100 update baru yang mencakup beragam aspek strategi berbasis AI, mulai dari adopsi, produktivitas, hingga keamanan. Kami akan memfokuskan perhatian pada beberapa area kunci di bawah ini.

BACA JUGA:  Tiga Tips Pakai Galaxy AI Bahasa Indonesia, Bikin Hidup Makin Praktis

Mengkaji ulang infrastruktur cloud

Microsoft telah memimpin berbagai terobosan kemajuan, seperti melalui kemitraan dengan OpenAI dan integrasi kemampuan ChatGPT ke dalam tools yang digunakan untuk pencarian, kolaborasi, pekerjaan, serta pembelajaran. Selagi Microsoft berakselerasi lebih jauh bersama AI, kami mengkaji ulang infrastruktur cloud untuk memastikan optimalisasi di setiap lapisan peranti keras dan peranti lunak.


Memperluas pengalaman Microsoft Copilot

Selama satu tahun terakhir, Microsoft terus mengembangkan visi untuk Microsoft Copilot, sebuah rangkaian tools yang membantu orang mencapai lebih banyak dengan bantuan AI. Dalam rangka meningkatkan produktivitas tidak hanya di tingkat individu, kami memperluas penawaran Microsoft Copilot ke berbagai solusi, guna mengubah produktivitas dan proses bisnis di setiap role dan fungsi – mulai dari pekerja kantoran dan frontline workers, hingga developer dan IT profesional.

Microsoft merupakan perusahaan Copilot, percaya di masa depan, akan tersedia Copilot untuk setiap orang dan untuk setiap aktivitas yang orang lakukan.

Mereka mengumumkan pembaruan terkait Copilot, di antaranya:

  • Microsoft Copilot for Microsoft 365: Bulan ini, Copilot untuk Microsoft 365 telah tersedia secara umum untuk perusahaan. Pelanggan seperti Visa, BP, Honda, dan Pfizer, serta mitra seperti Accenture, EY, KPMG, Kyndryl, dan PwC telah menggunakan Copilot. Kami terus menghadirkan nilai baru, berdasarkan pembelajaran dari Early Access Program dan penelitian-penelitian lainnya. Dasbor Microsoft 365 Copilot yang baru menunjukkan kepada pelanggan bagaimana Copilot memengaruhi organisasi mereka – dengan insights seperti yang ditemukan dalam Work Trend Index kami. Kami memperkenalkan Copilot Profile, yang membantu Copilot memberikan respons yang disesuaikan dengan preferensi dan role Anda. Guna meningkatkan kerja tim, fitur-fitur baru untuk Copilot di Outlook membantu Anda mempersiapkan diri untuk rapat; dan selama rapat, pengalaman whiteboarding dan note-taking baru untuk Copilot di Microsoft Teams akan membuat semua orang tetap selaras. Pelanggan yang memerlukannya sekarang dapat menggunakan Copilot selama rapat tanpa menyimpan transkripsi. Ketika Anda membiarkan Copilot bekerja, Copilot akan menjadi lebih dari sekadar asisten pribadi Anda untuk membantu seluruh tim – lihat blog Microsoft 365 untuk pembaruan di seluruh rangkaian produk, termasuk PowerPoint, Excel, Microsoft Viva, dan lainnya.
  • Microsoft Copilot Studio: Transformasi AI dimulai dengan integrasi AI ke dalam data dan alur kerja unik suatu organisasi. Microsoft Copilot Studio adalah tool low-code yang didesain untuk mengkustomisasi Microsoft Copilot dengan mengintegrasikan data penting bisnis dan membangun Copilot sendiri untuk penggunaan internal atau eksternal. Copilot Studio bekerja dengan connectorsplugins, dan GPTs, memungkinkan tim IT mengarahkan Copilot ke sumber data terbaik untuk query tertentu.
  • Microsoft Copilot for ServiceCopilot terbaru yang menyediakan role-based support ini membantu bisnis mempercepat transformasi AI layanan pelanggan. Copilot for Service mencakup Microsoft Copilot untuk Microsoft 365 dan membantu memperluas contact centers saat ini dengan AI generatif. Dalam interaksi dengan pelanggan, agen dapat mengajukan pertanyaan kepada Copilot for Service dengan bahasa sehari-hari dan menerima insights yang relevan berdasarkan sumber data dari repositori pengetahuan. Kemampuan ini mampu menghasilkan resolusi yang lebih cepat dan cerdas dalam menangani kebutuhan pelanggan.
  • Copilot in Microsoft Dynamics 365 Guides: Menggabungkan kekuatan AI generatif dan mixed reality, copilot ini membantu frontline workers menyelesaikan tugas-tugas kompleks dan mengatasi masalah dengan lebih cepat tanpa mengganggu alur kerja. Tersedia terlebih dahulu di HoloLens 2, copilot hands-free ini akan membantu profesional di industri jasa menggunakan bahasa sehari-hari dan gerakan manusia untuk memberikan panduan interaktif melalui konten dan hologram yang ditampilkan di peralatan.
  • Microsoft Copilot for Azure: Ini adalah teman AI untuk tim IT yang dapat menyederhanakan administrasi IT sehari-hari. Lebih dari sekadar tool, Microsoft Copilot for Azure merupakan pengalaman obrolan terintegrasi yang memahami peran dan tujuan pengguna, serta meningkatkan kemampuan merancang, mengoperasikan, dan menyelesaikan troubleshoot aplikasi dan infrastruktur. Copilot for Azure membantu tim IT mendapatkan insights baru terhadap beban kerja mereka, membuka potensi fungsionalitas Azure yang belum digunakan, dan mengkoordinasikan tugas di cloud dan edge.
  • Menghadirkan Copilot untuk semua orang: Upaya kami untuk menyederhanakan pengalaman pengguna dan membuat Copilot lebih mudah diakses oleh semua orang dimulai dengan Bing, platform unggulan kami untuk menjelajah web. Bing Chat dan Bing Chat Enterprise sekarang akan menjadi Copilot. Untuk pelanggan Entra kami, Copilot di Bing, Edge, dan Windows kini dilengkapi dengan perlindungan data komersial. Copilot akan tersedia secara umum mulai tanggal 1 Desember. Seiring berjalannya waktu, kami juga akan memperluas eligibility Copilot dengan perlindungan data komersial kepada lebih banyak pengguna Entra ID (sebelumnya Azure Active ID) tanpa biaya tambahan. *
  • Editor: Daton
BACA JUGA:  Tiga Tips Pakai Galaxy AI Bahasa Indonesia, Bikin Hidup Makin Praktis