Senin, 24 Juni, 2024

Narasumber dr. Putu Gede Surya Wibawa, M.Biomed, Sp.PD, FINASIM, memberikan penjelasan terkait dengan penyakit hipertensi kepada warga lansia pada baksi sosial yang digelar oleh Klinik Branis Medika di Balai Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Bali. (Foto: M-011)

NUSA LEMBONGAN,MENITINICOM-Puluhan warga lansia sangat antusias mengikuti bakti sosial penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis yang diselenggarakan oleh Klinik Branis Medika di Balai Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali, Sabtu (18/5/2024).

Para lansia itu terlihat begitu serius memperhatikan penjelasan soal penyakit hipertensi dari narasumber dr. Putu Gede Surya Wibawa, M.Biomed, Sp.PD, FINASIM. Bahkan diantara para lansia itu, tidak sungkan mengajukan pertanyaan terkait dengan penyakit yang sendang dideritanya. Acara terasa bertambah meriah saat bintang tamu penyanyi artis dari Ibu Kota Jakarta, Oppie Andaresta bernyanyi membawakan lagu ‘Cuma Hayalan” dan “Single Happy”.

Penyanyi Oppie Andaresta bernyanyi menghibur warga lansia di Desa Lembongan pada bakti sosial yang digelar oleh Klinik Branis Medika. (Foto: M-011)

Dalam paparannya dr. Surya mengatakan bahwa harus disadari, saat menjadi lansia tubuh akan mengalami kerusakan. Untuk itu menurutnya penting untuk menjaganya dengan lebih baik, dengan cara makan yang sehat, tidak banyak pikiran atau stres, tidak merokok, karena rokok tidak ada gunanya, dan rajin berolahraga, serta menghindari alkohol. Untuk olahraga, kata dr. Surya jangan yang berat-berat, disesuaikan dengan keadaan fisiknya.

“Jika itu dilakukan, plus bapak ibu rajin ke klinik, ke puskesmas, ke dokter, dijamin bapak ibu wenten bagus niki (ada bagusnya ini),” pesan dr. Surya.

BACA JUGA:  RSU Bhakti Rahayu Denpasar Gelar Sosialisasi Kesehatan di HIMPAMA Bali

Bhakti sosial Klinik Branis Media juga dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial, Pemerdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Agung Mahajaya, Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung, dr. Komang Sentanu Wibawa, dari pihak Desa Lembongan yang diwakili oleh Made Sarman, serta para kader Posyandu Lansia.
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Klungkung, Agung Mahajaya mengapresiasi atas diadakannya kegiatan tersebut, karena melibatkan banyak warga lansia di Desa Lembongan dan Ceningan. Menurutnya kegiatan Klinik Branis Medika tersebut sangat bermanfaat bagi warga Desa Lembongan dengan memberikan penyuluhan dan pengobatan secara gratis.

“Mudah-mudahan kedepannya, dengan kehadiran Klinik Branis Medika, bisa membantu wrga kita di Nusa Lembongan. Dan mudah-mudahan kami bisa berkolaborasi dengan Klinik Branis untuk mensejahterakan warga yang ada di Nusa Lembongan,” harapnya.

Sementara dari Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung, dr. Komang Sentanu Wibawa menyambut baik kegiatan tersebut. Katanya dengan adanya kegiatan bhakti sosial itu, Klinik Branis Medika telah membantu dinas ksehatan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Nusa Lembongan maupun Desa Nusa Ceningan.

dr. Eka Rahayu memberikan pelayanan kesehatan kepada warga lansia yang ada di Desa Lembongan Kecamatan Nusa Penida. (Foto: M-011)

“Acara hari ini dihadiri oleh banyak lansia dari Desa Lembongan maupun Desa Ceningan, harapannya klinik ini mampu memberikan manfaatnya kepada masyarakat, dan tentu saja selalu mengutamakan mutu pelayanan kesehatan. Semoga kedepannya Klinik Branis Medika maju dan juga bisa berdampingan dengan pemerintah untuk upaya peningkatan derajat kesehatan masyrakat,” ujarnya.

BACA JUGA:  RSU Bhakti Rahayu Denpasar Gelar Sosialisasi Kesehatan di HIMPAMA Bali

Dari Pihak Desa Nusa Lembongan, yang diwakili oleh Made Sarman, mengatakan sangat mendukung kegiatan bhakti sosial yang dilaksanakan oleh Klinik Branis Medika dan berharap kedepannya bisa membantu di wilayah Desa lembongan. Ia sangat berterima kasih dan mengapresiasi Klinik Branis Medika dengan telah menggelarnya acara yang sangat bermanfaat untuk desanya itu.

Pelaksana Kegiatan Bhakti Sosial Klinik Branis Medika, dr. Eka Rahayu saat diwawancarai usai berlangsungnya pengobatan gratis tersebut menjelaskan, Klinik Branis Medika memberikan pemeriksaan fisik, pemeriksaan tekanan darah maupun gula. Untuk pemeriksaan tensi darah, hampir 80 persen diatas 140. dr. Eka juga mengatakan, bahwa para lansia itu juga mengaku rata-ata mereka sudah dalam masa pengobatan hipertensinya, baik dengan menggunakan amlodipin maupun dengan obat hipertensi lainnya.

dr. Putu Gede Surya Wibawa, M.Biomed, Sp.PD, FINASIM menyerahkan hadiah kepada lansia yang aktif bertanya pada seputar kesehatan pada acara bakti sosial Klinik Branis Medika di Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida. (Foto: M-011)

“Hanya sebagian kecil yang saya lihat kadar gulanya tinggi di atas 200, mungkin di bawah lima (lansia). Jadi saya lihat lansia yang berkunjung ke sini sebagian besar adalah penyakit kronis yang dikategorikan ke hipertensi, mungkin perlu pemeriksaan lebih rutin dan kegiatan rutin untuk mengelolanya. Mereka sudah rutin melakukan pemeriksaan posyandu setiap bulannya,” ujar dr. Eka.

BACA JUGA:  RSU Bhakti Rahayu Denpasar Gelar Sosialisasi Kesehatan di HIMPAMA Bali

Hanya saja, kata dr. Eka, dalam posyandu masih belum ada edukasi terkait dengan pengelolaan penyakit hipertensi, dan konsumsi makanan, serta senam juga belum diadakan. Untuk itu, kata dr. Eka Rahayu, untuk kedepannya, Klinik Branis Medika tidak hanya pemeriksaan fisik maupun tekanan darah dan gula tetapi juga memberikan pemateri sehingga ada edukasi yang mereka terima.

“Tidak hanya dijudge (vonis) tensi anda tinggi sampai di situ saja, tetapi ada informasi bagaimana cara pengelolaan dan pencegahannya,” ujar dr. Eka.

Klinik Branis Medika yang merupakan salah satu jaringan klinik Bhakti Rahayu Group ini, nantinya juga akan turun dan meminta ijin untuk bisa bergabung dengan posyandu yang sudah dilaksanakan secara rutin di Desa Lembongan, agar bisa memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat. Bahkan nantinya, kata dr. Eka bisa menjadi instrukstur senam bagi para lansia di Desa Lembongan itu.

Klinik Branis Medika berada di Jalan Lembongan, Kelurahan Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung Bali. Memberikan pelayanan berupa, Konsultasi dokter umum, Homecare / Oncall selamat 24 jam, Imunbooster, Hangover Theraphy, Laboratorium Sederhana, dan Pelayanan Farmasi. Klinik Branis Medika juga memberikan pelayanan kepada wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang datang di Nusa Lembongan. (M-011)

  • Editor: DRL