Komisi IV DPR Badung Gelar Rapat Koordinasi dengan Eksekutif Bahas Hibah Untuk Seka Teruna

BADUNG,MENITINI.COM-Komisi IV DPRD Badung menggelar rapat koordinasi dengan eksekutif terkait teknis pengajuan dana hibah Sekaa Teruna, Selasa (4/7/2023). Rapat dipimpin Ketua Komisi IV I Made Suwardana didampingi Made Sumerta dan Nyoman Dirga Yusa.

Hadir anggota Komisi IV Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi, Ni Luh Gede Sri Mediastuti dan I Wayan Edy Sanjaya.

Sementar dari eksekutif yang hadir adalah Dinas Kebudayaan, Inspektorat, Badan Pembangunan Daerah, dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah. Ketua Pasikian Yowana Kabupaten Badung, Ketua-Ketua Pasikian Yowana Kecamatan se-Kabupaten Badung. 

Made Suwardana mengatakan pihaknya mendengar ada isu pengajuan dana hibah sekaa teruna yang tidak bisa dicairkan. Pihaknya pun, menanyakan perihal kebenaran isu tersebut kepada eksekutif.

BACA JUGA:  DPRD Jembrana Sahkan Tiga Ranperda Jadi Perda

“Apa yang terjadi kenapa isu itu bisa berkembang. Kenapa yowana juga diundang, harapan kami, nantinya pasikian yowana masing-masing kecamatan yang hadir hari ini bisa memberikan pemahaman kepada rekan yang lain,” ujarnya.  

Swardana mengatatakan, pihaknya masih melakukan pembahasan teknis pengajuan dan pemberian hibah kepada seka teruna. Sesuai peraturan perundang-undangan, katanya pemerintah tidak boleh memberikan hibah secara terus menurut atau berturut turut.

“Jadi pemuda akan mendapat bantuan secara rutin setiap tahun. Itu yang masih menjadi kendala. Karena aturannya tidak boleh menerima bantuan secara terus-menerus. Jadi kita masih mencari celah agar bantuan masih bisa diberikan kepada pemuda dan tidak melanggar peraturan,” ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Gde Eka Sudarwitha menjelaskan, program kreativitas sekaa teruna seperti ulang tahun dan pembuatan ogoh-ogoh merupakan program tetap dan masih bisa dilaksanakan. Namun khusus untuk permohonan dana hibah pengadaan peralatan dan lainnya belum bisa wujudkan dalam waktu dekat.

BACA JUGA:  Ikut Kampanye Terbuka Jangan Pakai Motor Berknalpot Brong, Ini Kata Polisi

“Permohonan dana hibah untuk peralatan itu yang belum bisa secara terus menerus. yang lainnya masih jalan seperti dana kreativitas baik untuk kegiatan ulang tahun maupun pembuatan ogoh ogoh,” ucap Sudarwitha. (M-003)

  • Editor: Daton
Temukan dan ikuti Berita-berita Menitini di Google Berita

Berita Lainnya: