Kapal Ikan Terbakar, Akibat Percikan Api di Knalpot Mesin

Evakuasi 28 orang Awak Kapal, KM. Arta Minatama 11, di laut Dobo.
Evakuasi 28 orang Awak Kapal, KM. Arta Minatama 11, di laut Dobo.

DOBO, MENITINI – Kapal penangkap Ikan KM Arta Minatama 11 dengan penumpang sebanyak 28 orang Anak Buah Kapal, termasuk Nahkoda, alami kebakaran di perairan Dobo, Kabupaten Aru.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu, namun diperkirakan pemilik mengalami kerugian ratusan juta. Peristiwa itu terjadi pada, Jumat (15/7/2022), sekira pukul 11.00 WIT. 

Kebakaran dipicuh dari percikan api knalpot mesin. Api menjalar ke jaring dan beberapa bagian kapal.

“Untuk di ketahui KM Arta Mitama berlabuh di perairan Teluk Pulau Wamar, Kota Dobo. Peristiwa kebakaran ini, terjadi pada jam 11.30 WIT. Semua awak selamat,” ungkap Iptu Andi Amrin, S.Sos., M.H, Kasat Reskrim Polres Kepulauan Aru.

BACA JUGA:  Jukung Tenggelam Saat Melaut, Nelayan di Buleleng Selamat Dari Maut

Dijelaskan saat kebakaran terjadi, para awak kapal tengah sibuk mempersiapkan kebutuhan mereka menuju daerah penangkapan ikan atau fishing ground.

“Tiba-tiba ada percikan api dari knalpot mesin kapal. Hingga timbul kebakaran hebat pada kapal. Pemadaman sudah dilakukan oleh petugas gabungan, yang langsung diturunkan ke tempat kejadian perkara (TKP), jelas Andi.

Pemadaman dilakukan dengan bantuan kapal penangkap ikan yang ada disekitar lokasi itu. Petugas juga berhasil melakukan evakuasi para awak kapal dengan bantuan kapal ikan tersebut.

Titho, salah satu ABK KM Arta Minatama 11 mengaku, saat kejadian, dia sedang melakukan pekerjaan di dalam kapal. Mendengar adanya kebakaran, ia kemudian menyelamatkan diri dengan cara terjun ke laut.(M-009).

BACA JUGA:  Rumah Berlantai Dua di Bentas Dilahab si Jago Merah