Kabasarnas Berlayar Hingga Depan Main Venue KTT G-20

Kabasarnas saat sedang berlayar menuju Apurva Kempinsky
Kabasarnas saat sedang berlayar menuju Apurva Kempinsky. (Foto: IST)

NUSA DUA, MENITINI.COM-Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi bersama pimpinan tinggi Basarnas lainnya berlayar dengan KN SAR Wisnu ke wilayah perairan selatan Bali hingga sekitar area lokasi KTT G20, yakni Apurva Kempinski. KN SAR Wisnu lepas sandar dari Pelabuhan Benoa sekitar pukul 11.12 Wita dan berlayar sejauh kurang lebih 15 NM. 

Kapal dengan spesifikasi canggih ini menjadi salah satu Alut Laut andalan Basarnas dalam mendukung pelaksanaan operasi SAR. Kapal dilengkapi fasilitas helly deck dan mempunyai sejumlah peralatan SAR modern, seperti  Side Scan Sonar (SSS) adalah sebuah strategi penginderaan untuk merekam kondisi dasar laut dengan memanfaatkan sifat media dasar laut yang mampu memancarkan, memantulkan dan menyerap gelombang suara. Selain itu kapal juga dilengkapi Multibeam Echosaunder (MBES), dimana dapat berfungsi mendeteksi keberadaan objek di dasar laut. Kemudian kapal ini juga dilengkapi Remotely Operate Vehicle (ROV) yakni jenis robot bawah air yang dikendalikan menggunakan remote control.

BACA JUGA:  Indonesia Berduka, Wakil Jaksa Agung Tewas Mengenaskan, Mobil Terbakar di Jalan Tol

Dalam perjalanannya tersebut, kapal sempat berpapasan dengan KRI yang melakukan pengamanan di perairan dekat lokasi KTT G20. Ketika berlayar, kondisi cuaca sempat hujan, namun perjalanan aman dan tidak ditemui kendala. Melihat kondisi selama pelayaran dapat dipastikan KN SAR Wisnu siap dikerahkan apabila diperlukan dalam keadaan darurat.